oleh

Warga Sei Asam Kapuas Diimbau Selalu Waspadai Karhutla

SUARAMERDEKA.ID – Kepala Desa (Kades) Sei Asam, Masrawan Ssos mengimbau seluruh warga desa agar selalu mewaspdai Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla). Hal ini agar meminimalisir adanya titik api yang meluas di Desa Sei Asam Kecamatan Kapuas Hilir, Kabupaten Kapuas Provinsi Kalteng.

“Imbauan kepada warga agar selalu mewaspadai kemungkinan kebakaran yang terjadi. Mulai dari lingkungan rumah hingga lahan pertanian,”kata Masrawan, Senin (9/9/2019).

Lebih lanjut, dikatakan, bahwa beberapa hari terakhir telah dilakukan pemadaman di beberapa titik api. Dilibatkan, enam anggota Satgas desa ditambah anggota Damkar relawan. Juga beberapa anggota intansi terkait untuk melakukan pemadaman.

“Kebakaran sepertinya bukan dari lingkungan pemukiman atau lahan pertanian, tetapi dari hutan yang cukup sulit di jangkau,” ungkapnya.

Baca Juga :  Dump Truck Blokade Kantor Pemkab Banyuwangi, Sopir Demo

Ia menegaskan, selain semua warga diminta aktif memantau api di daerah tersebut. Juga diarahkan pantauan oleh masing-masing RT, kepala dusun, Satgas desa.

Tidak hanya itu, upaya lain dilakukan mencegah Karhutla juga dipasang imbauan dengan spanduk di beberapa titik. Isi imbauan, bertuliskan, “Dilarang keras membakar hutan dan lahan. Mari kita jaga bersama hutan dan lahan kita dari api.”

“Kami sudah sebar spanduk untuk cegah kebakaran,” katanya.

Ia juga menambahkan, diharapkan kepada warga untuk mewaspadai lahan pasca panen. Pemantauan agar ditingkatkan lagi. Apalagi api tidak selalu dari lahan, namun juga bisa datang luar lahan.

“Sehingga usai panen padi, sawah terus dipantau,”tutupnya. (SAS)

Loading...

Baca Juga