oleh

Ciptakan Lingkungan Bersih, Bidang CK DPUPRPKP Berikan Septic Tank Gratis

SUARAMERDEKA.ID – Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) Kabupaten Kapuas, melalui Bidang Cipta Karya (CK) memberikan Septic tank gratis namun terstandar untuk toilet individu dan komunal.

Program ini untuk menciptakan sanitasi yang layak dengan mengelola limbah masyarakat di pemukiman. Tujuan program ini untuk terus melakukan upaya menciptakan kebersihan lingkungan pemukiman masyarakat setempat.

Menurut Kabid Cipta Karya Jonnie ST, bahwa limbah masyarakat setempat perlu dibenahi, seperti dalam sistem mengelola limbah keluarga (tinja). Karena selama ini masih ada warga yang memakai Septic tank tidak standar, pembuangan tinja di sungai (jamban), dan tidak teratur dalam mengelola limbah tinjanya.

Baca Juga :  Kabupaten Kapuas Gelar Program DAK Sanitasi Sub Air Limbah

“Warga membuat Septic tank dari kayu atau menggali tanah, limbah tinjanya itu bisa merembes dan mengotori lingkungan sekitar. Apalagi jamban disungai,” kata Jonnie, Rabu (11/9/2019).

Ia menjelaskan, untuk menyikapi hal itu, maka Bidang Cipta Karya selain sudah melaksanakan program pembangunan toilet, juga memberikan bantuan septic tank gratis kepada warga. Septic tank itu untuk individual yang tidak bisa merembes, terstandar serta terbuat dari fiberglass.

“Septic tank ini anti bocor, dan juga nanti kita kelola pembuangan limbah tinjanya yang harus disedot 3 sampai 5 tahun, pembuangan limbahnya terjadwal,” ungkapnya.

Selanjutnya, limbah dikelola untuk bisa dijadikan pupuk. Airnya diproses di TPA agar bisa menjadi air yang ramah lingkungan, sedangkan lumpur tinja diproses menjadi pupuk.

Baca Juga :  Erna Rasyid Taufan Ingatkan Keutamaan Melayat Orang Meninggal

“Rencana Kecamatan Selat 100 KK tahun ini, dan ada juga beberapa desa di kecamatan lainnya. Septic tank lagi proses perakitan, penerimanya kita data dan sudah pasti bagi warga kurang mampu,” tutupnya. (SAS)

Loading...

Baca Juga