oleh

Jaringan Mahasiswa Perantau Asal Sulawesi Selatan: Pemilu 2019 Akan Menelan Generasi Milenial

Leaderboard_720x120

Jakarta, Suaramerdeka – Milenials atau biasa disebut dengan Generasi Y adalah pemuda yang lahir pada rentang waktu 1980 hingga tahun 2000. Generasi ini berteman akrab dengan komunikasi media dan teknologi digital yang berkembang pesat saat ini.

“Para Milenials mengalami masa sulit dan kritis saat ini, beban pengangguran membuat kelompok usia ini depresi dan membuat kreativitas menurun. Infrastruktur universitas yang kurang dalam mengajarkan kemampuan vokasional, kreativitas, dan integritas semakin memperburuk capaian universitas untuk menghasilkan lulusan yang unggul dan berintegritas,” ujar Defli Yuandika, perwakilan Jaringan Mahasiswa Perantau Asal Sulawesi Selatan (JMP-Sulsel) di Jakarta pada hari Kamis, 23 Agustus 2018.

Menurut Defli, persoalan ini sangat krusial apabila tidak diberikan penanganan khusus karena tahun 2020-2030, Indonesia kembali mengalami bonus demografi.

Baca Juga :  Ahmad Ahyar Berharap Agar Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto Legowo Untuk Tidak Maju di Pilpres 2019

“Sulitnya ekonomi saat ini dapat menyebabkan para milenial banyak yang menjadi pengangguran dan depresi. Sayangnya, pesatnya perkembangan teknologi hanya dirasakan oleh para milenial di kota-kota besar dengan terbentuknya berbagai startup, aplikasi dan berbagai konten digital lainnya. Hal ini dapat menimbulkan ketidakadilan bagi para milenial yang berada di daerah pedesaan dan pelosok,” kata Defli yang merupakan Alumni Universitas Gajah Mada (UGM).

Defli menegaskan bahwa milenial sebagai kelompok penentu pada Pemilu 2019 harus mampu menentukan pilihan politik secara tepat.

“Generasi milenial harus memilih pemimpin yang berjiwa muda, memiliki pengalaman entrepeneur, dan berkomitmen untuk membangun pengusaha-pengusaha muda. Generasi milenial jangan memilih pemimpin yang kelihatannya berpenampilan milenial, padahal hanya ingin memanfaatkannya saja. Pilihan politik yang tepat akan menghindari tertelannya kaum milenial dalam Pemilu 2019 mendatang,” pungkas Defli. ( M. Ilham )

Baca Juga :  Bawaslu Brebes Tertibkan APK Parpol dan Caleg Pemilu 2019
Loading...

Baca Juga