oleh

Pulsa XL Terpotong Otomatis, Kelalaian Pelanggan Atau Sengaja?

SUARAMERDEKA.ID – Menanggapi adanya masalah soal pulsa Xl yang terpotong secara otomatis, gerai Xplor Cirebon menjelaskan hal itu terjadi karena banyak sebab. Agar aman dari pemotongan pulsa, maka sebaiknya pelanggan XL mematikan layanan internet secara sistem.

Dijelaskan oleh Duty Leader gerai Xplor Cirebon Hilman Fauzi, ada banyak sebab mengapa pulsa XL dapat terpotong secara otomatis. Menurutnya, kelalaian pelanggan atau ketidaksengajaan adalah faktor utama yengmemyebabkan hal itu terjadi. Kesalahan setting handphone (HP) adalah salah satu faktor lainnya.

“Itu macam-macam faktornya. Saya tidak bisa bilang kelalaian costumer. Tapi sejauh ini, selama ada pulsa kepotong karena hal-hal yang tidak disengaja. Tanpa sengaja. Itu pulsanya kita kembalikan. Tapi untuk paket data, itu kita jarang sekali terjadi karena kesalahan di-kita-nya. Mungkin ada hal yang salah misalkan disetting-an hendphone-nya, tanpa sengaja, tapi kita ada solusi disitu. Karena untuk penggunaan diluar itu macam-macam,” kata Hilman di Gerai Xplor Cirebon di CSB Mall LGF, kota Cirebon, Jawa Barat, Kamis (19/9/2019).

Lanjutnya, kejadian yang biasa terjadi adalah pelanggan XL tidak punya paket data, kemudian menggunakan internet melalui saluran wifi. Jika saluran wifinya tiba-tiba terputus, maka secara otomatis pulsa XL akan terpotong. Ia juga mengatakan bahwa mekanisme seperti itu tidak hanya pada provider PT XL Axiata Tbk saja.

“Jadi misalkan kalau tidak pakai paket. Jika sambungan wifinya putus, maka otomatis sambungan datanya akan langsung menyambung ke paket data. Itu secara mekanikme, secara nasional. Setahu saya di provider lain juga seperti itu,” tuturnya.

Baca Juga :  Suko Widodo: Rektor Unair Tak Dukung Mahasiswa Hadir di Aksi 22 Mei
Pulsa XL Terpotong Otomatis, Kelalaian Pelanggan Atau Sengaja?
Pemberitahuan pemotongan pulsa karena penggunaan data internet

Jika pelanggan memastikan data seluler pada HP sudah dimatikan namun puulsanya masih terpotong, maka Hilman menyarankan agar pelanggan segera mendatangi gerai XL yang ada. Provider akan membantu mengecek dengan sistem yang ada untuk mengetahui penyebabnya.

“Kalau itu saya kurang tahu. Kalau kejadiannya seperti itu, bisa datang ke kita, nanti kita cek ke sistem. Kalau misalkan itu karena hal-hal yang pelanggan tidak merasa, itu bisa kita kembalikan dengan proses yang ada,” ujar Hilman.

Duty Leader gerai Xplor Cirebon ini memastikan jika pemotongan pula oleh XL karena hal yang sudah jelas. Adapun jika ada kesalahan, maka pasti ada faktor lain. Untuk menghindari hal ini, mematikan layanan internet adalah cara yang paling jitu.

“Minta penggunaan data selulernya dimatikan, internetnya dimatikan. Supaya jangan terpotong tanpa sengaja. Tapi resikonya kalau misalnya mau registrasi kuota, harus datang lagi ke sini. Kalau secara HP bisa. Tapi kan ada yang tanpa disengaja. Disambungkan ke wifi, terus wifinya turun atau pindah ke suatu ruangan yang kedap wifi. Beberapa detik saja, Pemanggan kan (pakai HP-red) android nih, langsung masuk pulsa internet. Makanya untuk menghindari itunya, begitu pelanggan minta ke kita untuk matikan saja, itu kita matikan disitu,” jelasnya.

Baca Juga :  Herman Hery Anggota DPR dari PDI Perjuangan Dilaporkan Polisi
Hilman memastikan pulsa XL akan terpotong karena penyebab yang pasti. Kembali ia menekankan bahwa ketidaksengajaan dan kesalahan pada HP yang membuat pulsa terpotong secara otomatis.
Pulsa XL Terpotong Otomatis, Kelalaian Pelanggan Atau Sengaja?
Tanggal dan jam pemberitahuan perpanjangan langganan RBT (kiri), tanggal dan jam pembertahuan perpanjangan langganan RBT.

“Kalau di XL, pulsa terpotong itu sudah jelas. Jadi misalkan ada hal tanpa disengaja, bukan kita saja (human error-red) ada yang (kesalahan-red) di Hape nya, macam-macam sih. Cuma untuk lebih secure nya, kalau lebih aman lagi (dimatikan data selulernya-red). Kita kan kurang tahu kondisi pemakaian kondisi di lapangan, kondisi handphone, kondisi wifi seperti apa,” katanya.

Kejadian pelanggan merasa tidak berlangganan ringbacktone (RBT) namun tiba-tiba muncul pemeritahuan sudah terdaftar juga dijelaskan oleh Hilman. Menurutnya, kelalaian pelanggan adalah penyebab utamanya.

“Beberapa sih ada yang dia tanpa sengaja berlangganan. Itupun kalau memang dia tidak merasa, kita ganti,” tuturnya.

Mengenai perpanjangan yang RBT sebelum waktu yang ditentukan, Hilman mengaku tidakdapat menjelaskannya tanpa melihat sistemnya terlebih dahulu. Ia mengaku sistem perpanjangan RBT secara otomatis dipengaruhi oleh durasi program berlangganan RBT.

“Saya tidak bisa pastikan tanpa saya melihat sistemnya. Kita lihat desktop dulu, terus kita melihat programnya. Kita lihat RBT itu apa. Harian, mingguan atau bulanan. Kita lihat dulu,” tutupnya. (AMN)

Loading...

Baca Juga