oleh

Gepak Siapkan Posko Transit Massa Aksi Tolak RUU dari Luar Daerah

SUARAMERDEKA.ID – Gerakan Pemuda Anti Korupsi (Gepak) akan menggelar aksi akbar di depan Gedung DPR MPR RI, Selasa (24/9/2019) sekitar pukul 13.00 WIB. Selain menyediakan mobil komando kepada semua perwakilan untuk berorasi, mereka juga menyiapkan tempat istirahat atau transit bagi massa aksi dari luar daerah.

Dikatakan Koordinator Lapangan Gepak Rahmat Himran, Selasa (24/9/2019) di Menteng Raya 58 Jakarta Pusat, sifat gerakan yang diusung ini hanya mengkoordinasi. Massa aksi yang bergabung dipersilahkan membawa bendera dan atribut organisasi masing-masing.

“Massa aksi diharap membawa bendera organisasi masing-masing dan bendera merah putih. Jangan lupa membawa odol dan air mineral mewaspadai jika terjadi ricuh,” kata Himran.

Ia menjelaskan, bagi Gepak, tidak penting setiap simpatisan anti korupsi harus terkoordinasi dalam organisasi tertentu. Yang terpenting adalah seluruh elemen masyarakat dan organisasi kepemudaan diberikan kebebasan untuk menyuarakan pendapatnya. Namun ia menekankan bahwa semua tema orasi haruslah bertema penolakan RUU KPK dan RUU RKUHP.

Baca Juga :  Tangkap Provokator 27-28 Juni, Indonesia Tetap Damai
“Seluruh perwakilan massa aksi dari kampus dan dari Ormas Kepemudaan (OKP) akan bergantian berorasi di mobil komando. Seluruh perwakilan akan mendapat giliran berorasi. Tema orasi terkait penolakan RUU KPK dan RUU RKUHP,” tegas Korlap Gepak.

Karena tidak mengatasnamakan organisasi atau lembaga tertentu, maka tidak ada titik awal pemberangkatan khusus dalam aksi Gepak kali ini. Namun Himran memberitahukan bahwa waktu mereka akan melakukan longmarch serentak pada pukul 13.00 WIB.

“Seluruh Massa aksi berkumpul di kampus dan sekretariat Ormas masing-masing. Kordinasi dengan simpul massa di lapangan. Tepat pukul 13.00 WIB, seluruh massa aksi sudah longmarch serentak menuju DPR MPR RI,” kata salah satu inisiator pengepungan kantor LBH Jakarta terkait isu PKI ini.

Baca Juga :  Pak Tejo: Relawan Jokowi Jangan Harap Jadi Komisaris BUMN dan BUMD

Kepada seluruh massa aksi, Himran menghimbau agar mereka mempersiapkan diri jika aksi berlanjut dengan menginap di depan Gedung DPR. Ia menegaskan bahwa Gepak sudah mempersiapkan tempat transit untuk massa aksi yang berasal dari luar kota.

“Jika tuntunan kita tidak diindahkan oleh DPR RI, kemungkinan kita akan menginap di depan DPR MPR RI. Sampai tuntutan kita terpenuhi. Bagi massa aksi yang dari luar Jakarta, disiapkan penginapan atau posko transit. Di jalan Menteng Raya no 58 Kelurahan Kebon Sirih Kecamatan Menteng Jakarta pusat,” tutupnya. (OSY)

Loading...

Baca Juga