oleh

Aliansi Relawan Selamatkan Jokowi: Copot Kapolri

SUARAMERDEKA.ID – Para relawan Jokowi yang tergabung dalam Aliansi Relawan Selamatkan Jokowi merasa kepemimpinan Tito karnavian sebagai Kapolri mencederai citra dan mawrah Jokowi sebagai seorang presiden. Mereka merasa, tindakan-tindakan yang dilakukan oleh aparat kepolisian menghadapi kerusuhan yang terjadi di  Papua dan demonstrasi mahasiswa dan pelajar memberikan kesan bahwa Jokowi tidak pro rakyat.

Demikian dikatakan Ambar selaku Koordinator Aliansi Relawan Selamatkan Jokowi saat ditemui di Hotel Ibis Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (28/9/2019) malam. Ketua Relawan Jokowi dari Srikandi Kencana Indonesia ini mengaku, aliansi ini merupakan kumpulan dari sekitar 50 relawan Jokowi yang ada di Indonesia.

“Selama ini Jokowi dikenal sebagai pemimpin yang pro rakyat. Tindakan represif yang dilakukan oleh aparat kepolisian telah membuat para relawan menjadi gelisah. Kami tidak ingin terjadi sesuatu terhadap Jokowi. Bagi kami, Jokowi adalah harga mati dan harus dua periode,” kata Ambar.

Ia menyayangkan kinerja Kapolri yang dirasa tidak profesional dalam menghadapi massa aksi yang beberapa hari ini terjadi di seluruh wilayah Indonesia. Insiden meninggalnya dua mahasiswa Kendari dan ratusan lainnya luka-luka serta ketidakpastian kondisi di Papua adalah contoh kegagalan Kapolri dalam menjaga keamanan negara. Ia melihat apa yang dilakukan oleh aparat kepolisian justru memperburuk siatuasi.

“Untuk itu, Aliansi Relawan Selamatkan Jokowi meminta Jokowi untuk segera mencopot Tito Karnavian sebagai Kapolri. Kapolri kerjanya gimana? Adik-adik mahasiswa dan pelajar itu generasi penerus bangsa, kok diperlakukan seperti teroris,” tegasnya.

Ambar mengaku situasi Indonesia dirasa sudah tidak kondusif, karena tidak ada kepastian keamanan. Masyarakat merasa tidak nyaman dengan maraknya demo yang terjadi di banyak kota. Ia juga merasa bahwa Kapolri tidak sungguh-sungguh membuat solusi yang nyata untuk mengembalikan situasi seperti semula.

Baca Juga :  Hak Veto Kementerian Koordinator dan Sengketa Kepentingan Politik Kabinet?

“Kan kita jadi gak nyaman ini. Kita didemo terus-menerus dari pertama sampai hari ini. Berarti kan Kapolri tidak ada kerja dong. Dengan kasus yang di Sulawesi Tenggara, pencopotan Kapolda bukanlah solusi. Penyelesaiannya Kapolri dicopot lah. Pencopotan Kapolda tidak memberikan penyelesaian menghadapi masalah ini,” ujarnya.

Aliansi Relawan Selamatkan Jokowi: Copot Kapolri
Relawan Jokowi

Ambar khawatir, kinerja Tito Karnavian sebagai Kapolri yang dinilai salah dalam bertindak ini berdampak buruk pada citra Jokowi sebagai presiden. Rakyat akan mempertanyakan kepemimpinan Jokowi hanya karena ketidakmampuan satu orang saja dalam memimpin suatu institusi.

“Jangan sampai gara-gara kepemimpinan pak Tito sebagai Kapolri, masyarakat menjadi kecewa kepada Jokowi. Yang telah bekerja untuk memenangkan dia selama ini, jangan disia-siakan hanya gara-gara satu orang. Karena ketidakprofesionalan kepolisian yang sekarang ini dipimpin pak Tito,” kata Ambar.

Koordinator Aliansi Relawan Selamatkan Jokowi ini menegaskan bahwa desakan para relawan ini tidak bernaksud untuk menggembosi. Ia menekankan bahwa desakan ini justru karena para relawan ingin menjaga marwah Jokowi selaku presiden. Mereka tidak ingin perjuangan relawan yang ikhlas menjadikan Jokowi sebagai presiden, hancur hanya karena Jokowi mempertahankan seorang Tito Karnavian.

Baca Juga :  Republik Indonesia Bab Dua/Pasca Jokowi (14) Kriminalisasi (2)
“Saya relawan Jokowi dari calon Gubernur sampai sekarang menjadi presiden kedua kali. Saya tegaskan, kami para relawan pasti ingin menjaga pak Jokowi agar tetap memimpin negeri ini. Tapi kalau pak Jokowi tidak tegas dengan Kapolri, kasihan beliau gitu loh. Sedangkan kita sebagai relawan untuk memenangkan Jokowi itu mati-matian di lapangan tanpa ada (imbalan-red) uang satu rupiah pun loh,” ucapnya.

Ambar juga menegaskan bahwa mencopot Kapolri adalah jalan keluar terbaik untuk mengembalikan kepercayaan rakyat bahwa Jokowi adalah pemimpin pro rakyat. Ia mengaku bahwa desakan ini sudah didiskusikan dengan para relawan Jokowi yang lain.

“Statemen ini kami keluarkan karena Aliansi Relawan Selamatkan Jokowi sudah memyetujui. Kami yakin, dengan mencopot Kapolri akan menyelesaikan permasalahan saat ini,” tegasnya.

Ia berharap Jokowi segera mengambil langkah tegas untuk mengakhiri semua permasalahan ini. Ambar menekankan bahwa para relawan Jokowi akan mengambil langkah tegas jika desakan untruk mencopot Tito Karnavian sebagai Kapolri tidak segera ditanggapi oleh Jokowi.

“Jika tidak segera ditanggapi, Aliansi Relawan Jokowi Selamatkan Jokowi akan menurunkan massa aksi besar-besaran di depan Istana Merdeka dan Mabes Polri,” tutupnya. (OSY)

Loading...

Baca Juga