oleh

TNI dan Polri Tak Perlu Ragu Kawal Pemerintahan yang Sah

SUARAMERDEKA.ID – Pakar Intelijen dan Militer Susaningtyas NH Kertopati menegaskan, TNI dan Polri tidak perlu ragu untuk mengawal pemerintahan yang sah. Ia melihat ada upaya untuk mengganggu proses demokrasi di Indonesia.

Upaya yang dimaksud termasuk pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih pada 20 Oktober nanti harus diantisipsi sejak dini. Oleh karena itu, prajurit TNI dan Polri tidak perlu ragu untuk mengawal pemerintahan yang sah. Semua demi menjaga stabilitas keamanan sebelum, saat, dan sesudah pelantikan nanti.

Perempuan yang akrab disapa Nuning itu mengatakan, kesiapan TNI-Polri mengawal proses demokrasi di Indonesia hingga pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih. Ini adalah tugas yang sesuai dengan amanat undang-undang. Sebagaimana telah diketahui, TNI-Polri telah berhasil mengamankan tahapan Pemilu sejak tahun lalu hingga kini menjelang 20 Oktober 2019. Tidak hanya bangsa Indonesia, tetapi juga masyarakat internasional menunggu tahapan pelantikan tersebut.

Baca Juga :  Indonesia Tempati Peringkat 88 Pada UN E-Government Survey 2020

“Kredibilitas TNI-Polri menjadi sorotan internasional mengingat pada tahapan yang lalu terjadi aksi-aksi inkonstitusional. Oleh karenanya, TNI-Polri tidak boleh ragu sedikit pun untuk menjaga stabilitas keamanan. Masa sebelum, saat, dan sesudah pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih,” kata Nuning.

Menurut Nuning, TNI bersama Polri harus mampu mendeteksi dan mencegah pihak-pihak yang ingin melakukan tindakan inkonstitusional atau bisa juga tindakan makar jika sudah nyata memenuhi unsur-unsur pidananya. Berbagai cara bisa saja dilakukan oleh kelompok inkonstitusional tersebut yang harus diantisipasi, mulai dari aksi jalanan dengan demo upahan sampai dengan serangan siber dan penyebaran kabar bohong (hoax).

Seluruh instansi pemerintah yang terkait harus mendukung seluruh langkah TNI-Polri untuk melakukan pengamanan pelantikan presiden dan wakil presiden.

Baca Juga :  Jelang New Normal, GPJ Dukung Polri Perkuat Intelijen

“Oleh karenanya, diharapkan seluruh komponen bangsa dapat bersatu padu dalam mengamankan proses demokrasi menuju keberhasilan pembangunan nasional lima tahun ke depan,” ujar Nuning. (AMN)

Loading...