oleh

Pimpinan DPRD Kabupaten Wajo Diminta Pegang Teguh Kearifan Lokal

SUARAMERDEKA.ID – DPRD Kabupaten Wajo menggelar Rapat Paripurna dalam rangka Pengucapan Sumpah Janji Pimpinan DPRD Kabupaten Wajo Masa Jabatan 2019-2024. Acara ini berlangsung di ruang rapat paripurna DPRD Kabupaten Wajo lantai II , Senin (7/10/2019).

Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Wajo dipimpin langsung oleh Ketua sementara DPRD Kabupaten Wajo H. Andi Muhammad Alaudin Palaguna, S.Sos. Rapat paripurna DPRD kabupaten Wajo yang terbuka untuk umum ini diikuti oleh unsur forkopimda Wajo, pimpinan partai politik dan beberapa tamu undangan lainnya.

SK Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan Nomor 1785/X/2019,  menetapan Ketua DPRD Kabupaten Wajo H. Andi Muhammad Alaudin Palaguna, S.Sos, dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Wajo Ir. H. Firmansyah Perkesi, M.Si. serta Ir. H. Andi Senurdin Husaini sebagai wakil ketua II yang dibacakan oleh Sekretaris DPRD Kabupaten Wajo Drs. H. Muhammad Saleng, M.M.

Pengambilan  Sumpah Jabatan  kepada Ketua DPRD dan Wakil Ketua DPRD defenitif tahun 2019-2024 dilakukan oleh Hakim Pengadilan Negeri Kabupaten Wajo Arico Sitanggang, S.H, M.Kn. yang dilanjutkan dengan penyerahan surat keputusan Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan kepada Ketua dan Wakil Ketua DPRD terpilih oleh Bupati Wajo Amran Mahmud.

Dalam sambutannya Bupati Wajo menyampaikan bahwa beberapa minggu yang lalu telah diikuti dan di saksikan bersama pelantikan Anggota DPRD Kabupaten Wajo Masa Jabatan 2019-2024 yang ditandai dengan pengucapan Sumpah/Janji yang kemudian dilanjutkan dengan masa orientasi yang diselenggarakan oleh BPSDM Provinsi Sulawesi Selatan sebagaimana amanat peraturan perundang-undangan.

Baca Juga :  Elviyana Aras Salurkan Bantuan Kemenpora ke PMII Wajo

Pimpinan DPRD Kabupaten Wajo Diminta Pegang Teguh Kearifan Lokal

Pada kesempatan ini Bupati Wajo mengapresiasi kinerja anggota dewan yang baru terbentuk dalam menangani beberapa aksi demonstrasi.

“Sebuah apresiasi yang sangat luar biasa kepada para legislator kita. Dimana beberapa waktu lalu mampu menampung aspirasi demonstran yang dilakukan oleh Aliansi Mahasiswa dan organisasi kemahasiswaan serta organisasi masyarakat dalam menanggapi RUU KPK dan beberapa rancangan undang-undang lainnya. Hal ini tentu saja menjadi awal yang baik berkaitan dengan kinerja DPRD dalam mengawal  aspirasi masyarakat pada umumnya,” ungkap Bupati Wajo.

Bupati juga mengapresiasi  kesigapan DPRD bekerjasama dengan TNI-Polri meredam aksi demonstran. Aksi ini berlangsung selama beberapa hari sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diharapkan.

“Ini menjadi cerminan kita kedepan tentang kinerja anggota DPRD kita yang dapat mewakili seluruh lapisan masyarakat,” Bupati Wajo menambahkan.

Baca Juga :  Kanit Regident Samsat Polres Wajo Tindak Tegas Biro Jasa Percaloan
Lebih lanjut dikatakan kalau tentu saja hal ini tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Oleh karena itu, tentu Pimpinan DPRD Kabupaten Wajo dan anggotanya harus bekerja ekstra dalam menjadikan DPRD sebagai Lembaga terhormat karena memiliki tugas dan fungsi yang vital dalam pemerintahan daerah. Kepemimpinan DPRD dalam hal ini sangat menentukan keberhasilan lembaga DPRD dalam menjalankan ketiga fungsi utamanya dalam sistem pemerintahan daerah.

Pimpinan DPRD Kabupaten Wajo Diminta Pegang Teguh Kearifan Lokal

Sejalan dengan hal tersebut, para pemimpin pendahulu pada masa Kerajaan Wajo, mewariskan etika kepemimpinan yang hingga saat ini masih sangat relevan kita adopsi. Etika kepemimpinan yang mereka miliki yakni, warani (berani), malempu (jujur), na magetteng (gigih) juga merupakan penjabaran nilai adat-istiadat dan kearifan lokal.

“Harapan kami kedepan, melalui kegiatan pelantikan pimpinan DPRD hari ini. Semoga Lembaga DPRD selalu bisa memberikan kontribusi dalam menciptakan regulasi-regulasi yang mewakili hati Nurani. Untuk kemaslahatan masyarakat kabupaten Wajo yang maju dan sejahtera,” ungkap Amran Mahmud.

Diakhir sambutannya, Bupati Wajo mengucapkan selamat atas pelantikan Pimpinan DPRD Kabupaten Wajo Masa Jabatan 2019-2024. (FAR)

Loading...

Baca Juga