oleh

Selasa, Fenomena Hari Tanpa Bayangan Terjadi di Bumi Blambangan

SUARAMERDEKA.ID – Kabupaten Ujung Timur Pulau Jawa hari ini akan mengalami fenomena hari tanpa bayangan akan berlangsung di Bumi Blambangan, memiliki 25 kecamatan dan 217 Desa / Kelurahan. Fenomena ini bakal terjadi, Selasa (15/10/2019) pukul 11.08 WIB.

Prakirawan BMKG Banyuwangi mengatakan kalau akibat dari titik kulminasi ini, suhu di Banyuwangi diperkirakan naik 1 derajat celcius.

“Hari Selasa posisi matahari berada tepat di atas kepala kita atau disebut titik kulminasi atau tanpa bayangan. Diperkirakan terjadi di Banyuwangi pukul 11.08 WIB,” ucap Anjar Triyono Hadi, Senin (14/10/2019) di ruang kerjanya.

Kulminasi merupakan fenomena ketika matahari tepat berada di posisi paling tinggi di langit. Pada saat itu, matahari akan tepat berada diatas kepala atau di titik Zenit. Akibatnya, bayangan benda tegak akan terlihat menghilang karena bertumpuk dengan benda itu sendiri.

Baca Juga :  Tim Zenius UNM Ciptakan Katalis Berbahan Ramah Lingkungan

“Karena itu, hari saat terjadinya kulminasi utama dikenal sebagai hari tanpa bayangan,” tambah Prakirawan BMKG Banyuwangi.

Fenomena ini tidak berbahaya bagi masyarakat. Hanya saja, akan terjadi peningkatan suhu udara antara 0,5 hingga 1 derajat Celcius dari suhu normal. Pada bulan Oktober ini suhu normal adalah 32 derajat celsius.

“Besok agak terik sedikit pada jam tersebut. Mungkin terjadi dehidrasi pada saat fenomena ini terjadi. Karena panasnya ada peningkatan kita harus dapat asupan air lebih banyak,” urainya.

Fenomena ini, tambah Anjar, sebenarnya rutin terjadi setiap tahun. Dalam setahun fenomena ini terjadi sebanyak dua kali. Fenomena alam ini terjadi sesuai dengan gerak semu matahari. Durasinya kurang lebih 10 sampai 15 menit. Setelah 10 sampai 15 menit sudah ada bayangan,” pungkasnya. (BUT)

Loading...

Baca Juga