oleh

Fraksi PKS DPR RI Minta Ledakan Pipa Pertamina di Cimahi Diinvestigasi

SUARAMERDEKA.ID – Wakil Ketua Fraksi PKS DPR RI Mulyanto menyesalkan insiden ledakan dan kebakaran pipa saluran BBM milik Pertamina di Cimahi dan Pasir Koja beberapa hari lalu. Insiden ini menewaskan 1 orang pekerja asing. Ia juga memimta penegak hukum untuk mengusut penyebab ledakan dan kebakaran hebat di instalasi vital milik Pertamina.

“Saya sangat menyesalkan kejadian itu. Kontraktor pelaksana harusnya sudah punya analisis wilayah pekerjaan dan dapat mengantisipasi berbagai kemungkinan yang terjadi. Proyek yang dikerjakan di wilayah itu kan berskala besar. Harusnya sudah dipersiapkan dengan matang sehingga tidak menimbulkan kejadian yang menimbulkan korban,” tegas Wakil Ketua F-PKS DPR RI, dalam pernyataannya, Jumat (25/10/2019).

Baca Juga :  Substitusi LPG dengan DME, Meringankan Atau Memberatkan APBN?

Mulyanto meminta agar setelah pemadaman dan penanggulangan kecelakaan ini, pihak-pihak yang berwenang untuk melakukan investigasi secara menyeluruh. Hal ini harus diperhatikan karena menyangkut kelangsungan keselamatan kerja dan berdampak terhadap pasokan BBM.

Pipa yang terbakar ini sebagai pipa jaringan BBM dari Ujung Berung ke Padalarang dan telah melakukan penyaluran BBM melalui pipa tersebut. Meskipun Pertamina telah menjamin pasokan BBM untuk daerah Bandung dan sekitarnya aman, Mulyanto meminta agar Pertamina sebagai pemilik aset memastikan tidak ada dampak lanjutan akibat ledakan pipa ini.

“Jangan sampai hal ini mengganggu kestabilan sistem operasional Pertamina. Masyarakat sangat bergantung aktivitasnya terhadap tersedianya BBM,” imbuh anggota Komisi VII dari Fraksi PKS DPR RI ini.

Baca Juga :  Mulyanto: SOP dan Implementasi Protokol Keamanan Nuklir BAPETEN Harus Direview Secara Berkala

Pertamina, kata Mulyanto lagi, segera berkoordinasi lebih intens dengan pihak proyek kereta super cepat agar kejadian ini tidak terjadi lagi. Informasi jaringan pipa mana saja yang bersinggungan dengan proyek ini perlu dikomunikasikan ulang. Ia mengingatkan, koordinasi yang erat sangat diperlukan mengingat luasnya jangkauan geografis proyek kereta cepat ini. (OSY)

Loading...