oleh

Safar Ke X UNJ, Wujud Dedikasi Seni dan Budaya Arab

SUARAMERDEKA.ID – Budaya Arab merupakan salah satu kebudayaan yang sangat melekat di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan munculnya pagelaran kebudayaan yang bertemakan nuansa Timur Tengah di berbagai tempat, salah satunya yang digelar oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

Kegiatan yang dinamakan Semarak Festival Arab (SAFAR) yang dilaksanakan di UNJ ini sudah memasuki gelaran yang ke-10 sejak tahun 2009. Sebelumnya, agenda ini sempat berganti nama yang dahulu bernama Gebyar Apresiasi Mahakarya (GAM).

Acara dibuka pada hari Selasa (19/9/2019) pukul 08.00 oleh Rektor UNJ, Dr. Komaruddin, M.Pd. dan disambut oleh Kaprodi PBA Dr. Nuruddin, M.A.

Baca Juga :  Bamus Betawi Hadirkan Pagelaran Lagu-Lagu Ismail Marzuki

Dalam sambutan Rektor UNJ, ia sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. Sebab mendorong kreativitas pelajar serta mahasiawa untuk selalu bersaing terutama dalam seni dan budaya Arab.

“Saya banding, pendidikan Bahasa Arab di UNJ akan semakin banyak berikan kontribusi dibidang kebudayaan. Salah satunya dibuktikan dengan adanya Safar yang sudah masuk tahun yang kesepuluh,” ucap Rektor UNJ.

Selain itu, ada kejadian tak biasa dari acara ini, yaitu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengirimkan rangkaian bunga untuk mendukung suksesnya acara SAFAR yang ke-10.

Semarak Festival Arab X Nasional akan melaksanakan beberapa rangkaian acara diantaranya perlombaan bahasa arab yang terbagi menjadi tiga kategori yaitu kategori siswa, mahasiswa, dan umum.

Baca Juga :  Aparatur Desa Timpah Beri Bantuan Kepada Korban Kebakaran

Lomba untuk siswa diantaranya pidato Arab, cerdas cermat dan taqdimul qishah. Lalu, debat bahasa brab, pidato bahasa arab dan taqdimul qishah untuk mahasiswa. Adapun kategori umum terdiri dari musabaqah tilawati-l qur’an, kaligrafi, menyanyi arab, baca berita, marawis, musabaqah hifzhi-l qur’an, hadroh kreasi dan puisi bahasa arab.

Semarak Festival Arab X Nasional juga mengadakan Seminar Kebudayaan Nasional, Bazzar, Kuliner Arab, dan Pagelaran Seni serta Beauty Class. (RGS)

Loading...

Baca Juga