oleh

Aliansi Peduli Demokrasi Minta Plt Sekretaris KPU Teluk Bintuni Diganti

SUARAMERDEKA.ID – Puluhan masyarakat mengatasnamakan Aliansi Rakyat Papua dan Nusantara Peduli Pilkada 2020 Demokrasi Teluk Bintuni, melakukan aksi demo damai di halaman Kantor KPU Teluk Bintuni, Jumat (29/11/2019) pagi.

Aksi demo seruan damai massa yang berkumpul pukul 09.00 pagi hingga sore hari menuntut dan menanyakan hasil tindak lanjut Putusan DKPP Nomor 218-PKE-DKPP/VIII/2019 tertanggal 20 November 2019 terhadap Plt. Sekretaris KPU Teluk Bintuni Ganem Seknum yang telah terbukti melanggar kode etik dan pedoman perilaku penyelenggara pemilu.

Hasil pantauan awak media, puluhan massa menggeruduk halaman Kantor KPU Teluk Bintuni. Mereka membawa pamflet bertuliskan seruan aksi anggota KPU berupa; “copot Plt. Sekretaris KPU Teluk Bintuni karena mempermainkan Demokrasi Teluk Bintuni agar carut-marut pemilu jangan terulang kembali”.

Ketua Dewan Adat Papua (DAP) Daerah Teluk Bintuni, Tonny Urbon dalam orasinya menyampaikan bahwa seruan aksi pegawai KPU merupakan aspirasi masyarakat yang mengharapkan Demokrasi Bintuni jangan lagi ternodai oknum oknum yang tidak bertanggungjawab.

Baca Juga :  Andai Fungsi Polisi 100 Persen Kamtibmas. Opini Suta Widhya

“Pada prinsipnya kami mendukung segala tindakan masyarakat yang sesuai dengan aturan perundang undangan. Sehingga aliansi ini, minta supaya ganem seknum Plt. Sekretaris KPU Bintuni segera di copot dan diganti jabatannya selaku Plt. Sekretaris. Sesuai putusan PKPU yang secara sah telah memutuskan yang bersangkutan melanggar kode etik saat Pileg dan Pilpres 2019,” ucap Ketua DAP Tonny Urbon.

Orasi senada, juga dilayangkan para Tokoh Pemuda Bintuni diantaranya Roy Masyewi, Fransisco Yasie, dan Pieter Masakoda.

Menurut Fransisco Yasie bahwa KPU Teluk Bintuni adalah lembaga pelaksana penyelenggara pemilu yang sudah tentunya harus independen.

Selain itu, dinamika demokrasi perpolitikan di Kabupaten Teluk Bintuni, saya selaku Tokoh Pemuda Intelektual meminta agar Plt. Sekretaris KPU Bintuni Ganem Seknum agar mematuhi segala peraturan dan ketentuan yang telah diputuskan DKPP terhadapnya, tandas Fransisco Yasie.

Baca Juga :  Tuntutan 4 Tahun Penjara Untuk Yunus Bikin Gemas Masyarakat Banyuwangi

“Kami sebagai penerus di daerah dan atas nama masyarakat 7 Suku Bintuni, berharap yang bersangkutan plt. Sekretaris KPU Bintuni Ganem Seknum agar jabatannya segera digantikan dengan anak negeri 7 Suku yang memahami kultur dan budaya daerah dalam dinamika berdmokrasi,” harap Fransisco Yasie.

Sementara itu, Ketua KPU Bintuni, Herry Arius E. Salamahu melalui Devisi Hukum Didimus Kambia S.M mengatakan bahwa terkait aksi demo damai dan penyampaian aspirasi yang telah dilayangkan oleh masyarakat dan telah diterima oleh pihaknya selaku anggota Komisioner KPU Teluk Bintuni akan segera melaporkan dan menyampaikan hal ini kepada pimpinan diatasnya dan meneruskan isi petisi pernyataan masyarakat yang telah ditandatangani diatas kertas bermetrai 6000. (OSB)

Loading...