oleh

Anton Sujarwo Terpilih Sebagai Ketua Askab Banyuwangi

SUARAMERDEKA.ID – Anton Sujarwo, Kepala Desa Aliyan, Kecamatan Rogojampi terpilih sebagai kandidat Ketua Asosiasi Kepala Desa (Askab) Kabupaten Banyuwangi periode 2020 -2025. Ia mendapat suara terbanyak dari dua rivalnya Riyono Kades Kandangan Kecamatan Pesanggaran dan Untung Suritno Kades Sukojati Kecamatan Blimbingsari.

Proses demokrasi pemilihan posisi orang nomor satu di Askab melalui Musyawarah Kabupaten (Muskab) digelar di salah satu hotel di bilangan jalan Raya Jember, Rabu (8/01/20).

Anton, dalam Muscab Askab berhasil mengungguli 2 rivalnya. Yaitu Riyono, SH Kades Kandangan, Kecamatan Pesanggaran dan Untung Suritno Kades Sukojati, Kecamatan Blimbingsari.

Demokrasi prosesi pemilihan berjalan, namun sebelumnya sempat diwarnai penolakan dan aksi walkout dari beberapa kepala desa yang menginginkan adanya koreksi Anggaran Dasar (AD ) dan Anggaran Rumah Tangga ( ART ) Askab. Karena menurut mereka AD dan ART Askab belun jelas dan perlu revisi.

Baca Juga :  Fraksi PPP DPRD Banyuwangi Dukung Aksi Tolak Tambang Tumpang Pitu

Dua Kades Walkout, diantaranya Rojikin, Kades Sepanjang, Kecamatan Glenmore, Nursamsi Kades Badean, Kecamatan Blimbingsari dan beberapa kepala desa lainnya memilih walkout karena tidak sejalan dengan panitia dan usulan mereka tidak diakomodir.

Tetapi panitia tetap meneruskan prosesi pemilihan dengan cara votting, hingga diperoleh hasil, Anton Sujarwo Kades Aliyan mendapat dukungan srjumlah 92 suara. Sedangkan Riyono Kades Kandangan memperoleh dukungan sejumlah 69 suara, dan Kades Sukojati, Untung Suritno memperoleh satu suara. (BUT)

Loading...

Baca Juga