oleh

Kongres PAN Rusuh, Kursi Pun Beterbangan

SUARAMERDEKA.ID – Pelaksanaan kongres PAN rusuh saat proses validasi peserta karena diduga terdapat pemilik suara yang masih diperdebatkan status kepesertaannya. Akibatnya, tahapan kongres akhirnya diskors hingga kondisi dianggap kembali kondusif.

Keriuhan mulai terlihat saat pimpinan sidang pleno kongres PAN yang diselenggarakan di Hotel Claro, Kendari, Sulawesi Tenggara ini menunda sidang untuk istirahat makan siang. Beberapa peserta merasa keberatan agenda verifikasi peserta ditunda dan mencoba mendekati meja pimpinan.

Aksi tersebut memicu emosi peserta yang lain hingga terjadi aksi salaing pukul hingga saling lempar kursi. Sejumlah petinggi partai yang hadir termasuk pendiri PAN Amien Rais kemudian diamankan oleh petugas.

Dikutip dari kompas.com, Presidium Sidang Ahmad Farhan Hamid  mengatakan, kericuhan dimulai ketika verifikasi faktual terhadap kepesertaan dimulai. Panitia sebelumnya telah melakukam verifikasi dengan sistem daring, lengkap dengan barcode.

Baca Juga :  Maraknya Murid Melawan Guru, Satu Teladan Lebih Baik Dari Seribu Teori

”Ada yang merasa nama yang masuk itu tidak sesuai, tadi kalo tidak salah dari wilayah Papua. Dari situ, ada yang protes dan mulai ribut-ribut. Tapi ini biasa dinamika salam kongres. Kami tadi juga sudah kumpulkan para kandidat untuk menenangkan pemilihnya. Kami juga putuskan agar sidang diskors selama satu jam agar beristirahat sebentar,” kata Hamid, Selasa (11/2/2020). (OSY)

Video kongres PAN rusuh

Loading...

Baca Juga