oleh

Menteri PPN Bahas Kerjasama Ekonomi Bersama Duta Besar Perancis

SUARAMERDEKA.ID – Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) Suharso Monoarfa menerima kunjungan dari Duta Besar Perancis untuk Indonesia Oliver Chambard di Kantor Kementerian PPN/Bappenas, Menteng, Jakarta Pusat Jumat (14/2/2020) sore hari. Pada pertemuan tersebut mereka membahas tentang progress kerjasama pembangunan bilateral dan potensi kerjasama untuk pembangunan Ibu Kota Negara (IKN).

Selain itu, antara Suharso Monoarfa dengan Oliver Chambard juga membicarakan tentang fasilitas pendanaan yang ditawarkan oleh Pemerintah Perancis. Dalam hal ini, Oliver Chambard menyebut jika Pemerintah Perancis menawarkan dua skema fasilitas pendanaan, yakni pinjaman concessional serta pinjaman pinjaman non-concessional.

“Skema pendanaan yang Pemerintah Perancis tawarkan ialah untuk pembiayaan teknologi informasi dan komunikasi, lingkungan hidup terutama cuaca dan iklim, serta infrastruktur transportasi,” ujar Duta Besar Perancis.

Baca Juga :  Persatuan Insinyur Indonesia Siap Mensukseskan Program Pemerintah

Selain itu, Oliver Chambard juga membawa pesan dari Agence Francaise de Developement (AFD) untuk menawarkan juga fasilitas kerjasama. Adapun Fasilitas kerjasama ini berupa pinjaman proyek, pinjaman program, pinjaman langsung kepada BUMN (Keuangan dan Non Keuangan) dan sektor swasta, dan hibah Technical Assistance.

“Kami juga fokus menawarkan kerjasama di bidang green urban infrastructure (transportasi publik, air bersih dan sanitasi), energi terbarukan, riset, dan sektor kemaritiman terutama terkait Blue Ocean Economy seperti pelabuhan untuk perikanan,” tutup Dubes Oliver Chambard. (OSY)

Loading...