oleh

Pramuka Kwarcab Kota Sorong Gelar Upacara HUT Baden Powell Ke-163

SUARAMERDEKA.ID – Pramuka Kwartir Cabang 3304 Kota Sorong menggelar Pelaksanaan upacara pembukaan Perkemahan Jambore Cabang III dan Perkemahan Wirakarya Cabang III dalam rangka memperingati HUT Baden Powell ke-163. Acara ini diselenggarakan di lapangan Apel Mako Pasmar 3 Sorong Km.16, Kelurahan Klablim, Distrik Klaurung, Kota Sorong Papua Barat, Rabu (19/2/2020).

Upacara HUT Baden Powell ke-163 ini ditandai dengan penyematan tanda peserta dan penyematan alat kerja Perkemahan Wirakarya tahun 2020 dan dilanjutkan dengan nyanyian lagu Hymne Satya Dharma Pramuka.

Walikota Sorong Drs Ec. Lambert Jitmau, M.M dalam amanatnya yang dibacakan Pengawas Dinas Pendidikan Kota Sorong Moh. Taufik, S.Pd mengatakan bahwa Pramuka adalah organisasi pendidikan non formal yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan di Indonesia.

Baca Juga :  Ashar Dulu Jamin Kerahasian Soal Ujian UAS BNSD Kabupaten Muna

“Pramuka merupakan singkatan dari Praja Muda Karana. Yang memiliki arti rakyat muda yang suka berkarya. Dan di dunia internasional, Pramuka disebut dengan istilah Kepanduan  atau Boy Scout,” ujar Moh Taufik.

Upacara HUT Baden Powell Ke-163 di lapangan Apel Mako Pasmar 3 Sorong Papua Barat, Rabu (19/2/2020).
Foto bersama usai upacara HUT Baden Powell Ke-163

Ia menjelaskan, kegiatan Pramuka ini bertujuan membentuk karakter yang dapat membangun di bidang pendidikan. Saat ini Pramuka merupakan salah satu ekstra kurikuler yang dapat membentuk kepribadian, kedisiplinan, kerapian, kekompakan dan kemandirian. Karakteristik tersebut diyakini akan membentuk karakter berjiwa kepemimpinan.

“Saya harap dengan terselenggaranya kegiatan ini dapat membentuk karakter, kepribadian dan akhlak yang mulia para generasi muda. Serta menggali potensi diri agar meningkatkan keterampilan dan melahirkan pemimpin-pemimpin yang handal. Guna untuk memupuk dan menanamkan rasa cinta tanah air dan bangsa,” imbuh Moh taufik.

Baca Juga :  Tanpa Sebab, Usai Begal Tabrak Pembatas Irigasi Hingga Tewas

Turut hadir dalam kegiatan ini adalah Danmenkav 3 Marinir, Kadispotmar Armada III, Dandenma Pasmar 3, para Paban Staf Pasmar 3, Danyonmarhanlan XIV, Kadispotmar Lantamal XIV, Danramil Aimas, Kasat Binmas Polres Sorong, Ketua dan Wakil Ketua Gerakan Pramuka Cabang Kota Sorong serta segenap tamu undangan lainnya. (OSB)

Loading...

Baca Juga