oleh

Universitas Airlangga Bagikan Video Cara Membuat Hand Sanitizer

SUARAMERDEKA.IDUniversitas Airlangga membagikan cara membuat hand sanitizer (cairan pembersih tangan) dalam format video kepada masyarakat umum. Menurut Ketua Departemen Farmasetika Fakultas Farmasi Universitas Airlangga Dr Retno Sari MSc Apt, pembuatan video ini menanggapi kekosongan hand sanitizer akibat isu virus corona.

Video ini mulai disebarkan oleh humas Universitas Iarlangga, Kamis (13/2/2020) pukul 19.25 WIB. Merujuk pada bagian awal video, terdapat tulisan “Cara Membuat Hand Sanitizer ala Dr Retno Sari MSc Apt”.

“Ini terkait dengan objek Corona Virus. Disini kami akan menyampaikan bagaimana membuat hand sanitizer yang pada saat ini ada kekosongan,” kata Retno Sari.

Pada video tersebut, Retno Sari mempraktekkan bagaimana membuat hand sanitizer alkohol untuk 200 mililiter. Bahan yang dibutuhkan adalah 30ml gliserol. Cairan gliserol (bahan sabun) yang kental kemudian diencerkan dengan 24 ml air. Jika sudah merata, lalu ditambahkan dengan etanol (alkohol) sejumlah 146ml.

Baca Juga :  Komjen Idham Azis Diajukan Jokowi ke DPR Sebagai Calon Kapolri

Cairan hand sanitizer dengan kadar etanol 70 persen ini kemudian dapat dimasukkan ke dalam botol spray sesuai ukuran yang diinginkan. (OSY)

Loading...

Baca Juga