oleh

Kampung Lilinta Raja Ampat Gelar Musyawarah Kampung RKPK 2020

SUARAMERDEKA.ID – Kepala kampung Lilinta terpilih pada masa bakti 2019-2025 merespon baik kegiatan Musyarawah Kampung dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja Kampung Tahun 2020. Kegiatan penyusunan RPK Tahun 2020 difasilitasi oleh Team P3MD Kabupaten Raja Ampat.

Saat diwawancarai Senin siang, Kepala Kampung Lilinta, H.Umar Alting mengatakan bahwa program prioritas yang tertuang dalam dokumen RKPK Tahun 2020 merupakan program yang sesuai dengan visi dan misinya. Musyawarah ini bertempat di Balai Pertemuan Kampung Lilinta, Kamis, (12/3/2020).

“Program prioritas dana desa tahun 2020 yang berkaitan dengan DDS. Sesuai dengan visi dan misi saya yang saya paparkan dalam penyampaian visi misi. Yaitu pengadaan Viber katinting untuk masyarakat” ucapnya.

Menurutnya hal inilah yang menjadi kebutuhan dasar masyarakat. Karena masyarakat di kampung Lilinta 90 persen merupakan nelayan. Sehingga pengadaan perahu viber katinting sangat tepat untuk menunjang kenyamanan dan keamanan nelayan saat melaut nantinya.

“Karena ini adalah hal yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat berkaitan dengan 90% masyarakat kami adalah nelayan. Sehingga untuk kenyamanan dan keamanan mereka di laut maka dibuatkanlah Viber katinting. Sehingga masyarakat merasa nyaman di laut dan bisa menghasilkan hasil yang banyak untuk kesejahteraan keluarga” beber Alting.

Kepala Kampung Lilinta ini menambahkan untuk kegiatan penggarukan jalan masuk ini merupakan kendala yang dihadapi masyarakat. Baik masyarakat kampung Lilinta sendiri maupun masyarakat umum yang datang berkunjung ke kampung Lilinta.

“Untuk pengurukan jalan masuk karena sudah sekian lama, sudah ratusan tahun kita ini kalo air Meti itu (air surut-red) tidak bisa masuk dan tidak bisa keluar. Setelah dibawah kepemimpinan saya, maka saya mencoba untuk menggagas itu (penggarukan jalan masuk-red). Sehingga tidak ada kendala lagi disaat air pasang maupun air surut,” tambahnya.

Baca Juga :  Polres Kapuas Gelar Razia Operasi Patuh Telabang 2019

Lebih lanjut ia menjelaskan selain dua program itu, pihaknya juga memprogramkan rumah layak huni yang juga dikerjakan dalam tahun 2020 ini melalui dana DDS.

“Terus yang ketiga adalah lima buah rumah yang layak huni. Kami juga kerjakan pada tahun 2020 ini lewat dana DDS”

Sebagai Kepala Kampung ia menyambut baik kegiatan yang menjadi isu nasional yaitu isu stunting. Ia mengucapkan banyak terima kasih kepada pemerintah pusat yang telah menggangkat hal ini (isu stunting) sebagai isu nasional. Alting menilai ini sangat penting.

Kampung Lilinta Raja Ampat Gelar Musyawarah Kampung RKPK 2020
Masyarakat kampung Lilinta saat mendengar pemaparan dari Kepala Kampung.

“Untuk Stuting ini saya sangat berterima kasih kepada pemerintah pusat yang mana mendorong ini (isu Stuting-red) sebagai isu nasional. Dan ini yang saya anggap penting sekali, maka kita siapkan untuk bumil (ibu-ibu hamil red) untuk mendapatkan gizi. Sehingga janin yang di kandung dalam kandungan tumbuh dengan sehat,” tutupnya.

Baca Juga :  Bram Umpain Prihatin Saling Klaim di Tubuh DPD II Golkar Raja Ampat

Sekretaris kampung Lilinta, Hatab Ginyom menjelaskan bahwa apa yang telah di sampaikan oleh kepala kampung Lilinta sudah mendapat respon baik dari masyarakat lewat musyawarah kampung dalam rangka penyusunan RPJM dan RKP Tahun 2020.

“Program prioritas yang telah disampaikan oleh Kepala Kampung. Seperti penggandaan bodi (perahu katinting-red), kemudian peggarukan jalan, dan di bidang kesehatan kita pos juga stunting. Dan ini sudah direspon oleh masyarakat lewat musyawarah kampung dalam rangka penyusunan RPJMK Tahun 2020-2025 dan RKP Tahun 2020 untuk menjadi program prioritas tahun 2020,” ucap Hatab.

Sementara Ketua BPD Kampung Lilinta yang diwawancarai media mengatakan bahwa pihaknya merespon baik apa yang menjadi program prioritas kepala kampung Lilinta tahun 2020. Karena ini benar-benar suara masyarakat yang disampaikan.

“Saya sebagai ketua Bamuskam kampung Lilinta merespon program kepala kampung. Saya merespon itu dengan sepenuh hati tiga program prioritas yang telah di tetapkan. Dan ini benar-benar suara rakyat yang disampaikan melalui kami” jelas ketua BPD.

Ketua BPD juga menyampaikan terima kasih kepada Team P3MD Kabupaten yang telah memfasilitasi kegiatan ini.

“Saya sebagai ketua Bamuskam mengucapkan terima kasih kepada team P3MD Kabupaten Raja Ampat. Terutama pendamping distrik yang mana telah memfasilitasi kita,” tutup ketua BPD Kampung Lilinta. (HSG)

Loading...

Baca Juga