oleh

Relawan Jokowi Minta Pemerintah Jujur Soal Kelemahan Negara Hadapi Virus Corona

SUARAMERDEKA.ID – Kelompok relawan Jokowi Barisan Relawan Nusantara (Baranusa) meminta pemerintah untuk transparan mengenai kelemahan negara dalam menghadapi virus Corona. Saat ini, rakyat dan pemerintah harus bersinergi untuk melawan virus yang belum ada penyembuhnya ini.

Menurut Ketua Umum Baranusa Adi Kurniawan, berbagai pihak mendesak pemerintah Indonesia untuk segera memberlakukan lockdown. Untuk menghadapi serangan virus Corona atau Covid 19 yang sudah masuk ke Indonesia. Namun Adi menilai, hingga kini pemerintah terkesan masih bersikap santai bahkan seperti ragu dalam memutuskan status keadaan nasional. Pasalnya, banyak juga yang memprediksi apabila lockdown dilakukan di Indonesia, maka ekonomi Indonesia terancam akan bangkrut.

“Serangan virus Corona ini telah membuka pikiran rakyat terhadap pertanyaan besar terkait bagaimana pengelolaan keuangan negara selama ini dilakukan. Bayangkan saja, menghadapi serangan virus saja Indonesia seperti penuh ketakutan dan dibenturkan diantara dua pilihan. Yaitu antara menyelamatkan kondisi rakyat atau memperbaiki kondisi ekonomi nasional,” kata Adi Kurniawan melalui keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa (17/3/2020).

Baca Juga :  Prabowo: Saya Bersumpah Tidak Akan Memperkaya Diri dan Keluarga
Ketua Umum relawan Jokowi Baranusa menilai situasi saat ini adalah waktu yang tepat bagi pemerintah untuk jujur dan terbuka kepada rakyat terkait kelemahan negara dalam menghadapi virus Corona. Sebab menurutnya, virus tersebut hanya bisa dikalahkan dengan secara bersama-sama. Antara rakyat dengan pemerintah harus bersinergi dan saling bekerjasama. 

“Menurut kita, melawan serangan virus tersebut harus ada kerjasama yang baik antara rakyat dengan pemerintah. Sebab itu, kami meminta pemerintah untuk jujur dan transparan kepada rakyat jika ingin lepas dari masalah ini. Termasuk krisis ekonomi yang sedang dialami negara,” ujar Adi.

Selain itu, relawan Jokowi Baranusa juga meminta presiden Jokowi untuk segera melakukan pertemuan kepada seluruh jajaran menterinya hingga mengundang para kepala daerah. Untuk berdiskusi mencari solusi dalam menangani Covid – 19. Menurutnya, apabila kerjasama tidak dilakukan oleh pemerintah pusat dengan pemerintah daerah, maka masyarakat akan merasakan kebingungan dalam mengikuti arahan pemerintah.

Baca Juga :  Mahasiswa dan Alumni UM Sorong Sebut Penjelasan PP Muhammadiyah Memperburuk Situasi

“Kami mendesak presiden untuk mengundang seluruh jajarannya termasuk para kepala daerah untuk melakukan diskusi dalam mencari solusi yang tepat untuk menghadapi masalah ini. Karena kami melihat ada kebingungan yang dirasakan masyarakat terhadap berbedanya kebijakan antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah,” tegas Adi.

Lanjutnya, relawan Jokowi Baranusa juga mengaku siap menjadi relawan penanganan Covid 19 jika dibutuhkan. Pihaknya juga mengaku siap bersinergi dengan pemerintah dalam memberikan sosialisasi di berbagai daerah demi menyelamatkan kondisi rakyat dari ancaman Covid 19.

“Jika dibutuhkan, kami siap bersinergi dengan pemerintah. Bahkan, kami siap menggerakkan relawan-relawan kami di berbagai daerah demi menyelamatkan rakyat kita,” pungkasnya. (OSY)

Loading...

Baca Juga