oleh

Sosialisasi Pengawasan Pemilu Kecamatan Gambir

SUARAMERDEKA – Perihal sudah dideklarasikannya pemilu damai Minggu, (23/09/2018) pagi pukul 07.00 Wib di Silang Monas. Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan Gambir mengadakan sosialisasi di lantai 5 kantor sekretariat Panwaslucam Kecamatan Gambir Jl. Tanah Abang 1 No.10 Gambir, Jakarta Pusat.

Turut hadir dalam acara tersebut, Ketua Panwascam Sukardi, Bawaslu RI Budi, Lembaga Survei Indonesia (LSI) Abdul Hakim, Ketua PPS se Kecamatan Gambir, Tokoh Masyarakat, Pemilih Pemula, dan Satpol PP Kecamatan Gambir.

Sebelum acara dimulai peserta sosialisasi menyayikan Lagu Indonesia Raya dan Lagu Mars Bawaslu RI.

Budi dalam paparannya mengatakan,”Masa kampanye sampai 13 April 2019, sehingga perlu dicermati betul-betul massa kampanye,” ujar Budi.

Lanjut Budi,”Penyelenggaraan pemilu itu berharap partisipasi masyarakat sangat baik, di pemilu 2014 hanya 74% dan golput 33% lebih sehingga kita perlu perbaiki bersama,”paparnya.

Baca Juga :  Sumatera Barat Datangi KPU, Carter 5 Pesawat dan 50 Bus

“Pada hari Jum’at kemarin sudah ditetapkan nomor urut pasangan Presiden dan Wakil Presiden,” kata Budi kepada peserta sosialisasi.

Untuk mengoptimalkan dalam meningkatkan partisipasi masyarakat, kita telah membuat Gerakan Pengawas Partisipasi Pemilu (GEMPAR PEMILU) dan masih banyak gerakan-gerakan yang kita buat.

Pemilih pemula bukan hanya yang sudah berusia 17 tahun akan tetapi juga para pensiunan TNI-Polri.

Lembaga Survei Indonesia pada kesempatannya juga menyampaikan bahwa,”Saya akan mencoba memaparkan Pemilu dari segi lain, mengapa Pemilu begitu penting, dimana anggaran hampir Rp 25 Triliun,” ujar Abdul Hakim.

“Dari 196 negara di seluruh dunia, 123 negara diantaranya telah melaksanakan sistem demokrasi. Inti dari pemilu adalah Demokrasi (Kompetisi Untuk Menguasai Kekuasaan Namun Dibatasi),” pungkasnya.

Baca Juga :  Laskar TPS; Serdadu Melawan Kecurangan

Lanjut Abdul,” Pada Pilkada 2018 terdapat 3.133 kasus dan 33,9% pelanggaran administrasi dan ini pentinya peran Bawaslu,” ucapnya. (NVD).

Loading...

Baca Juga