oleh

Setelah Gas Melon, Kini PKS  Berhasil Pertahankan Subsidi Listrik Tahun 2021

SUARAMERDEKA.IDSetelah berhasil menambah besaran subsidi gas melon, Fraksi PKS DPR RI kembali berhasil pertahankan subsidi listrik bagi pelanggan golongan 450 VA dan 900 VA untuk keluarga non Rumah Tangga mampu (RTM) di RAPBN tahun 2021. Subsidi masih dibutuhkan masyarakat mengingat kondisi ekonomi yang sedang terputuk akibat pandemi covid-19.

Wakil Ketua Fraksi PKS DPR RI Bidang Industri dan Pembangunan, Mulyanto menjelaskan, dalam Rapat Kerja Komisi VII DPR RI dengan Pemerintah, Senin (29/6/2020), diputuskan anggaran subsidi listrik untuk tahun 2021 sebesar Rp 54 triliun. Meski besaran tersebut tidak sesuai dengan jumlah yang diusulkan PKS, namun pihaknya mensyukuri putusan tersebut.

“Alhamdulillah meski tidak sesuai dengan angka permintaan PKS, yaitu sebesar Rp 58 triliun, Pemerintah menyepakati subsidi listrik untuk tahun 2021 dipertahankan sebesar Rp 54 triliun. PKS mengapresiasi putusan tersebut dan siap mengawal penggunaan anggaran subsidi agar tepat sasaran,” kata Mulyanto di Jakarta, Rabu (1/7/2020).

Baca Juga :  Tiga Kapal Pesiar Australia Tolak Diperiksa Tim Satgas Covid-19

Anggota Komisi VII ini menambahkan, mekanisme penyaluran subsidi listrik dilakukan seperti yang dilaksanakan pada saat ini. Semula, pemerintah mengusulkan mekanisme subsidi langsung ke orang. Mulyanto menjelaskan, atas desakan PKS dan fraksi-fraksi lain, model subsidi diputuskan tidak berubah.

Mulyanto menegaskan saat ini subsidi listrik masih sangat dibutuhkan oleh masyarakat yang sedang mengalami kesulitan akibat pandemi covid-19. Ini sebagai wujud kehadiran negara dalam mengatasi kesulitan masyarakat.

“PKS konsisten memperjuangkan aspirasi rakyat kecil dalam hal anggaran subsidi. PKS merasa saat ini Pemerintah belum bisa menghilangkan subsidi karena kondisi ekonomi masyarakat kita yang belum stabil,” ujar Mulyanto.

Sebelumnya, Fraksi PKS DPR RI berhasil mempertahankan subsidi gas melon 3 kg. Berdasarkan hasil rapat kerja Komisi VII DPR RI dengan Kementerian ESDM, bahkan disepakati untuk menambah jumlah subsidi yang akan diberikan.

Baca Juga :  Ada Bahaya Yang Mengintai Pada Rice Cooker

Dalam rapat kerja antara Komisi VII DPR RI dengan Kementerian ESDM terkait penetapan asumsi makro RAPBN 2021, Senin (29/6/2020), Fraksi PKS minta dengan tegas Pemerintah tidak mengurangi anggaran subsidi untuk rakyat, terutama subsidi gas, listrik dan BBM. Bahkan jika perlu subsidi ditambah sebagai wujud kepedulian negara terhadap kesulitan masyarakat akibat pandemi Covid-19. (OSY)

Loading...

Baca Juga