oleh

Pengabdian Masyarakat Dosen UNJ: Pelatihan Pembuatan Flashcard Untuk Meningkatkan Budaya Hidup Sehat Siswa Sekolah Dasar Di Era New Normal

Pengabdian Masyarakat  Dosen UNJ: Pelatihan Pembuatan Flashcard Untuk Meningkatkan Budaya Hidup Sehat Siswa Sekolah Dasar Di Era New Normal. Oleh: Dr. Edwita, M.Pd, Dosen.

Menghadapi era new normal, banyak lembaga dan perusahaan yang telah meminta para karyawannya untuk bekerja kembali. Tentunya lembaga tersebut harus memenuhi protokol kesehatan yang telah diatur oleh gugus tugas percepatan penanganan COVID 19. Hal ini dilakukan guna memutus rantai penyebaran virus korona yang merebak di Indonesia saat ini. Lalu bagaimana dengan lembaga Pendidikan ? Apakah sekolah akan dibuka dalam waktu dekat ini ?

Menteri Pendidikan, Nadiem Makarim mengatakan bahwa sekolah yang terletak di zona hijau diperbolehkan memulai pembelajaran tatap muka dengan persyaratan protokol Kesehatan (Kompas.com – 12/07/2020). Kebijakan ini menjadi polemik bagi masyarakat di Indonesia, salah satunya para orang tua. Mereka yang memiliki anak pada jenjang sekolah dasar, masih merasa khawatir jika pembelajaran sudah mulai aktif di sekolah. Mengingat anak usia sekolah dasar masih pada tahap perkembangan operasional konkret yang mana memandang suatu masalah harus kontekstual dengan kehidupan sehari-harinya. Mereka belum memahami betul apa itu “physical distancing” atau “social distancing”. Tentunya ini menjadi perhatian bagi para guru sebagai praktisi Pendidikan di sekolah.

Pada hari Selasa, 7 Juli 2020 sampai dengan Rabu, 8 Juli 2020, tim pengabdian masyarakat dosen yang terdiri dari Dr. Edwita, M.Pd dan Uswatun Hasanah, M.Pd (Dosen Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Jakarta) mengadakan kegiatan pelatihan terhadap para guru sekolah dasar yang tersebar di wilayah Jakarta. Pelatihan ini diikuti 107 guru sekolah dasar di wilayah Jakarta. Pelatihan ini berbeda dengan pelatihan pada umumnya, karena dilakukan secara daring menggunakan aplikasi zoom meeting. Tentunya kegiatan ini bertujuan untuk memberikan solusi terhadap guru dalam mempersiapkan sekolah sehat di era new normal ini. Kegiatan ini mengusung tema  “E-Workshop Pemanfaatan Flashcard Untuk Meningkatkan Budaya Hidup Sehat Sekolah Dasar”. Dalam hal ini, flashcard dinilai sebagai media yang efektif dan efisien  dalam meningkatkan budaya hidup sehat siswa sekolah dasar.

Baca Juga :  Hukum dan Hakim-Hakim Kita (3): Siraathal Mustaqiim. Opini SBP

Dr Edwita, M.Pd selaku narasumber menjelaskan bahwa budaya hidup sehat siswa sekolah dasar dapat ditingkatkan dengan menggunakan media yang menarik dan mudah diingat siswa, Salah satunya media flashcard. Selain bentuknya simple juga terdapat gambar yang menarik perhatian siswa.  Flashcard ini merupakan suatu media grafis dan aplikatif yang berisi gambar dan kata-kata yang dapat menginspirasi siswa salah satunya untuk selalu mengajaknya menerapkan budaya hidup sehat. Flashcard berbasis literasi hidup sehat merupakan media yang dapat mengingatkan siswa, mengajaknya dan memberi kesempatan kepada siswa untuk mencoba, membiasakan diri, dan berlatih menjalani hidup sehat. Dalam hal ini guru sangat berperan penting sebagai penggerak diri dan siswa untuk berbudaya hidup sehat. Guru berbudaya hidup sehat adalah guru berkualitas secara utuh dalam arti sehat fisik, sehat psikologis, dan sehat sosial serta spiritual.

Baca Juga :  Rakyat Berhak Gulingkan Jokowi Karena Sebagai Presiden Mendelegitimasi Konstitusi

Adapun beberapa pesan yang tertulis pada flashcard antara lain mengajak siswa untuk selalu mencuci tangan dengan air mengalir dan memakai sabun, mengkonsumsi jajanan sehat dari kantin sekolah, menggunakan toilet yang bersih dan sehat, berolahraga teratur dan terukur, membuang sampah ke tempat sampah yang terpilah, memberantas jentik nyamuk, menimbang berat badan dan mengukur tinggi badan, memelihara rambut agar bersih dan rapi, memakai pakaian bersih dan rapih, memelihara kuku agar selalu pendek dan bersih. Dengan adanya flashcard berbasis literasi hidup sehat ini, siswa akan mudah mengingat pesan yang disampaikan dan terbiasa menerapkan budaya hidup sehat di sekolah dan di lingkungan sekitarnya.

Pengabdian Masyarakat Dosen UNJ: Pelatihan Pembuatan Flashcard Untuk Meningkatkan Budaya Hidup Sehat Siswa Sekolah Dasar Di Era New Normal
Tim pengabdian menjelaskan materi kegiatan

Adanya kegiatan ini sangat menginspirasi para guru untuk selalu kreatif dan inovatif dalam mengembangkan media yang menarik dan kontekstual bagi para siswanya. Tentunya kegiatan pelatihan ini dapat memberikan kontribusi besar bagi layanan Pendidikan dan mendukung program pemerintah dalam mewujudkan sekolah sehat serta mempromosikan budaya hidup sehat bagi masyarakat.

Pengabdian Masyarakat Dosen UNJ: Pelatihan Pembuatan Flashcard Untuk Meningkatkan Budaya Hidup Sehat Siswa Sekolah Dasar Di Era New Normal
Peserta mempresentasikan hasil flashcard yang telah dibuat
Pengabdian Masyarakat Dosen UNJ: Pelatihan Pembuatan Flashcard Untuk Meningkatkan Budaya Hidup Sehat Siswa Sekolah Dasar Di Era New Normal
Sesi foto bersama peserta pelatihan
Loading...

Baca Juga