oleh

Soal Pengusiran Advokat Magang di Banyuwangi, Propam Bergerak Cepat

Leaderboard_720x120

SUARAMERDEKA – Insiden salah seorang advokat magang yang sempat mengalami tindakan yang tidak menyenangkan dari oknum penyidik di Mapolsek Genteng, Polres Banyuwangi, akhirnya mendapatkan tanggapan serius oleh Divisi Profesi dan Pengamanan ( Propam) Polres Banyuwangi.

Setelah mendengar kejadian tersebut Propam Polres Banyuwangi memanggil Kanit Reskrim Polsek Genteng dan advokat magang, Anang Suindro untuk mengklarifikasi. Pertemuan tersebut dihadiri oleh Kasi Propam Ipda Pol. Herlan Suherlan, yang bertindak sebagai fasilitator. Dihadapan Kasi Propam para pihak beserta saksi yang ada dalam ruangan menemukan titik temu untuk mediasi.

“Kami akan meningkatkan pengawasan kinerja anggota kami di lingkup Kabupaten Banyuwangi agar kejadian tetsebut tidak terulang kembali dan lebih mengedepankan SOP yang sudah ditetapkan” ujar Kasi Propam, Kamis (8/11/2018).

Baca Juga :  500 Hari Penyerangan Novel Baswedan, Presiden Kemana?

Lanjut Herlan, juga meminta maaf atas kejadian tersebut kepada pihak terkait. Pihaknya juga akan memberikan himbauan kepada Kanit Provos jajaran Polsek. Mereka diminta untuk meningkatkan pengawasan dan pengendalian terhadap anggota polri dalam melaksanakan tugas.

Sementara salah satu advokat magang, Anang Suindro menegaskan perbuatan itu tentu tidak boleh sampai terulang kembali. Menurutnya, sebagai aparat penegak hukum, kepolisian seharusnya bekerja secara profesional sesuai dengan hukum yang berlaku.

“Kami berharap persoalan seperti ini jangan sampai terulang kembali. Sebagai aparat penegak hukum sudah selayaknya kita menerapkan hukum pada koridornya,” tegas advokat magang ini.

Anang juga menyampaikan rasa terimakasih karena Divisi Propam, yang bertindak cepat. Sehingga tidak menjadi preseden buruk dalam penegakan hukum.

Baca Juga :  Kementerian Keuangan Bantah Tudingan Ratna Sarumpaet dan Ruben Terkait Dugaan Pemblokiran Dana 23,9 Triliun

” Saya berterima kasih kepada propam yang telah menindak lanjuti laporan yang kami layangkan. Saya mengapresiasi Propam Polres Banyuwangi, karena begitu responsif. Hingga membuahkan kesepakatan damai,” tutur Anang. (BUT)

Loading...

Baca Juga