oleh

TNI-Babinsa Pertahanan Rakyat Semesta

SUARAMERDEKA – TNI-Babinsa di bidang teritorial dilaksanakan dalam rangka pemberdayaan wilayah pertahanan sebagai bagian dari pembinaan sistem pertahanan rakyat semesta.

Demikian disampaikan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. saat memberikan kata pengantar pada acara pengarahan Presiden RI Ir. H. Joko Widodo kepada para Babinsa bertempat di Balariung Pinang Masak Universitas Jambi, Provinsi Jambi, Minggu (16/12/2018).

Panglima TNI mengucapkan terima kasih atas kehadiran Bapak Presiden RI Joko Widodo ditengah-tengah peserta pengarahan.

“Selamat datang dan terima kasih atas kesediaan Bapak Presiden RI untuk memberikan pengarahan secara langsung. Kepada para aparat teritorial TNI terutama para Babinsa wilayah Sumatera,” ucapnya.

Lebih lanjut dikatakan Marsekal TNI Hadi Tjahjanto bahwa para peserta apel merupakan jajaran TNI yang memiliki tugas di bidang teritorial dan bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Baca Juga :  Dirgahayu TNI Ke 74, Kodim 0825 Banyuwangi Adakan Malam Tasyakuran

Oleh karena itu fungsi teritorial TNI juga jembatan bagi institusi TNI dengan masyarakat dalam rangka membina kesadaran bela negara.

Pada kesempatan tersebut, Panglima TNI menjelaskan kepada bapak Presiden bahwa para Babinsa yang hadir disini telah mengukir banyak prestasi.

Prestasi tersebut antara lain menemukan formulasi pupuk yang bermanfaat bagi para petani, berhasil mengumpulkan senjata rakitan tanpa adanya kekerasan karena kesadaran masyarakat, membantu mengajar mengaji di sekolah yang berada di pedalaman dan bersama Babinkamtibmas.

Telah berhasil menggagalkan upaya kriminal pembegalan dan masih banyak prestasi lain yang tidak dapat disampaikan satu persatu. “Harapan kita semua prestasi yang telah diukir tersebut dapat dipertahankan dan bahkan terus ditingkatkan,” ujarnya.

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto juga menyampaikan ucapan dan rasa terima kasih kepada Presiden RI atas perhatian pada kesejahteraan prajurit. Saat ini tunjangan Babinsa telah diterima dan dirasakan langsung oleh para Babinsa dengan besaran rata-rata antara Rp.900.000,- s.d Rp. 1.200.000,-.

Baca Juga :  Kampanye di NTB, Prabowo Berkomitmen Bentuk Pemerintahan Anti Korupsi

“Demikian juga atas nama seluruh prajurit TNI, saya mengucapkan terima kasih atas kenaikan tunjangan kinerja remunerasi yang pada tanggal 17 Desember 2018 sudah dapat diterima oleh seluruh prajurit dengan besaran tunjangan kenaikan kinerja ini rata-rata naik dari 51% menjadi 70%,” terangnya.

Pada pengarahan Presiden RI Ir. H. Joko Widodo diikuti oleh 3.316 personel Babinsa dari wilayah Kodam Iskandar Muda, Kodam I/BB dan Kodam II/Swj termasuk 15 Bintara Pembina Pesisir serta 15 Bintara Pembina Lanud.

Selain itu hadir pula 259 Perwira unsur pimpinan satuan di Komando kewilayahan Kodam II/Swj. (NVD)

Loading...