oleh

20 Truk Bantuan ACT di Berangkatkan ke Pandeglang dan Lampung Selatan

SUARAMERDEKA – Iring-iringan puluhan truk bantuan dari ACT di berangkatkan dari gudang Humanity Distribution Center (HDC) di Gunung Sindur, Kabupaten Bogor. Rabu (26/12/2018).

Bantuan pangan dan logistik ini dikirimkan menuju dua kabupaten yang terkena dampak tsunami terparah, yakni Pandeglang dan Lampung Selatan.

“Masing-masing 10 truk bantuan kami berangkatkan ke Pandeglang dan Lampung Selatan,” ujar Lukman Aziz Manager Umum Komunikasi ACT saat ditemui awak media

Upaya penanganan tanggap darurat untuk korban tsunami Selat Sunda terus dikerahkan, seiring dengan tingginya kepedulian publik Indonesia terhadap saudara sebangsa yang terdampak.

“Kebutuhan pangan ini mendesak, jadi kami upayakan pengiriman pangan dan logistik sesegera mungkin, dibarengi dengan evakuasi, layanan medis, dan aktivitas dapur umum yang terus berlangsung sampai sekarang,” lanjut Lukman.

Pengiriman pangan dan logistik ini akan terus berlanjut dari berbagai daerah di Indonesia, utamanya Jawa dan Sumatera. Selain mengirimkan pangan dan logistik, sejumlah program pemulihan juga segera diinisiasi. Bantuan pemulihan tersebut fokus pada penyediaan pangan, papan dan pembangunan ekonomi.

Baca Juga :  Direktur RSDP Serang Akui Pegawainya Pungli Jenazah Korban Tsunami

“ACT berencana membangun hunian dan ACT Humanity Store untuk penyintas tsunami di Pandeglang dan Lampung Selatan. Sementara untuk pemulihan ekonomi, kami menggulirkan program pemberian 100 kapal nelayan untuk warga terdampak yang berprofesi sebagai nelayan. Tidak hanya itu, kami bekerja sama dengan Global Wakaf, dan juga berikhtiar untuk mendirikan Warung Wakaf di sejumlah titik terdampak,” jelas Lukman.

ACT juga membuka kesempatan bagi Sahabat peduli yang ingin berpartisipasi. Salurkan bantuan terbaik Anda melalui rekening atas nama (Yayasan) Aksi Cepat Tanggap:
BNI Syariah # 777 1659 997
Mandiri # 127 000 781 6596
Muamalat # 8010 1071 82
CIMB Niaga Syariah # 8600 0680 9700

Hingga Rabu (26/12/2018), proses evakuasi, layanan medis, dan pendistribusian bantuan pangan di lokasi terdampak tsunami terus dikerahkan. Untuk mempercepat penanganan tanggap darurat, ACT mendirikan sejumlah posko kemanusiaan dan dapur umum di Pandeglang dan Lampung Selatan.

Baca Juga :  Mantan Aktivis '98 Desmond Junaidi Mahesa meninggal dunia

Di Pandeglang, ACT telah mendirikan 4 posko kemanusiaan dan dapur umum. Keempat posko tersebut di antaranya Posko Induk dan Dapur Umum di Kecamatan Labuan, Posko Wilayah Sumur, Posko Wilayah Panimbang dan Tanjung Lesung, dan Posko Wilayah Anyer.

Sementara di Lampung Selatan, posko kemanusiaan dan dapur umum telah aktif di tiga wilayah, di antaranya Way Muli, Way Panas, dan Dermaga Bom. “Hari ini (26/12) akan diaktivasi juga dua posko dan dua dapur umum lainnya di daerah Kunjir dan Sukaraja,” terang Sutaryo dari Tim Emergency Response ACT untuk wilayah Lampung Selatan. (MIL).

Loading...