oleh

Warga Sumberagung Hadang Truk Logistik Tambang Emas Tumpang Pitu

SUARAMERDEKA – Blokade kendaraan berat jenis tronton tanki keluar masuk ke lokasi PT. BSI kembali terjadi Selasa (8/1/2019) malam sekitar Pukul 21.30 WIB, tepatnya di pertigaan jalan utama Desa Sumberagung Kecamatan Pesanggaran Kabupaten Banyuwangi JawaTimur, di hadang warga.

Setiap hari satu kali duapuh empat jam, sedikitnya 20 unit kendaraan berat jenis tronton beroperasi melewati jalan tersebut dengan surat izin mobilisasi logistiknya sudah kadaluarsa sejak Tanggal 31 Desemeber 2018.

Tokoh pemuda, Yus Anang, Selasa (8/1/2019) di lokasi penghadangan, Pukul 22.00 WIB, menjelaskan, hal sama juga dilakukan Senin (7/1/2019) malam. Hasilnya, warga akan dijanjikan akan diperlihatkan surat izin mobilisai kendaraan berat di Kantor Kecamatan Pesanggaran. Namun, hingga malam ini surat yang dimaksud belum juga ditunjukan.

Baca Juga :  Peningkatan Rancangan System Inovasi Kerja Kabupaten Jayapura
“Kendaraan logistik ini sangat meresahkan. Bahkan, surat izinnya belum juga ditunjukan. Berati kan tidak ada itikad baik. Lantaran tak bisa menunjukan surat yang diminta warga. Dan malam ini juga sekitar Pukul 23.30 WIB, kendaraan berat tersebut balik arah kembali ke Tumpang Pitu. Meski sebelumnya sudah dilakukan negoisasi dengan warga pemblokade jalan,” jelasnya di tengah-tengah kerumunan warga Sumberagung.

Sementara Pelaksana Harian Obyek Vital Nasional (Obvitnas) Polda Jatim, Kompol. Mustakim, di hadapan awak media, Selasa (8/1/2019), Pukul 23.30 WIB hanya bisa pasrah.

” Karena tak di izinkan warga, ya kami balik arah. Semua kendaraan berat yang mau melintas untuk keluar, kami kembalikan lagi untuk masuk ke lokasi BSI.,” terang Mustakim.

Baca Juga :  Fraksi PPP DPRD Banyuwangi Dukung Aksi Tolak Tambang Tumpang Pitu

Imbas dari aksi blokade malam itu, tujuh unit kendaraan berat jenis tronton tanki, yang diduga akan menuju ke PT. BSI, Tumpangpitu tak dapat masuk wilayah tambang emas. Kendaraan–kendaraan besar tersebut parkir berjajar di depan SPBU Jajag, Kecamatan Gambiran. pantauan suaramerdeka,id, Rabu (9/1/2019) pukul 00.45 WIB, truk tronton tanki tersebut masih berjajar rapi di SPBU Jajag. (BUT)

Loading...

Baca Juga