oleh

Akses Jalan Lintas Kabupaten Musi Banyuasin Terancam Putus

SUARAMERDEKA – Akses jalan lintas kabupaten menuju kecamatan Plakat Tinggi, kabupaten Musi Banyuasin (MUBA) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) terancam putus.

Pasalnya gorong gorong sungai yang memotong badan jalan perbatasan kecamatan Sekayu dan Plakat Tinggi tersebut, ambrol sehingga membentuk sebuah lubang yang cukup lumayan dalam.

Terpantau suaramerdeka.id, kedalaman lubang tersebut hampir mencapai dua meter persegi. Hal ini diperparah, di sisi badan jalan lainnya sudah terlihat keretakan yang cukup besar. Berpotensi akan mengalami hal yang serupa.

Salah satu warga setempat mengaku ambruknya jalan itu diperkirakan hampir satu bulan lalu. Ia menduga selain disebabkan oleh tergerus oleh air, juga gorong-gorong itu tidak mampu menahan beban berat.

Baca Juga :  Dikawal Polisi, Truk Logistik Tumpang Pitu Terobos Hadangan Warga

“Kalau ambruknya jalan ini sudah tiga pekan lebih. Kalau penyebabnya kita tidak tahu pasti. Tapi bila dilihat dari kasat mata itu, disebabkan oleh terjangan air. Sehingga terjadi penurunan,” kata warga setempat yang mengaku bernama Rusdi, Selasa (22/1/2019).

Selain disebabkan oleh tergerus air, ia menduga akibat sering dilewati kendaraan truk pengangkut buah sawit yang bertonase berat dan kendaraan lainnya. Rusdi berharap kepada pihak terkait, supaya cepat memperbaikinya.

Karena menurutnya kalau tidak cepat ditanggulangi suatu saat nanti jalan tersebut, akan putus total. Hal itu tentunya berdampak pada warga dan masyarakat lain. Untuk mengeluarkan hasil pertanian di wilayah kecamatan Plakat Tinggi.

Sementara Sekretaris Kecamatan Plakat Tinggi, Dede Junaedi, menjelaskan bahwa pihak kecamatan sudah melaporkan hal itu kepada Pemkab Musi Banyuasin. Pihak Dishub sudah memberikan rambu-rambu pada gorong-gorong yang ambruk.

Baca Juga :  Peringati HPN, Polres Muba Gelar Syukuran Bersama Insan Pers

“Beberapa hari lalu kita sudah memberi tahu pihak Pemkab. Bahwa ada jalan yang berlubang akibat saluran air ambruk. Dan kami lihat sudah ada tanda rambu-rambu dari Dishub. Supaya pengguna jalan agar berhati-hati,” ujar Sekcam. (SHM)

Loading...

Baca Juga