oleh

Jembatan Plompong Serampog Brebes Putus Diterjang Air Bah

SUARA MERDEKA  – Hujan yang melanda wilayah Brebes Selatan kemarin siang sampai sore hari mengakibatkan beberapa musibah bencana alam di antaranya putusnya jembatan antar desa di Desa Plompong kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes, Senin ( 21/01/2019 ).

Menurut Danramil 10/Sirampog Kapten inf. Mukhrodi, sekitar pukul 17:00 WIB jembatan lama yang terbentang sepanjang 70 meter dengan lebar 2,5 meter di atas Kali Keruh Desa Plompong terputus pada bagian selatan jembatan sepanjang 10 meter.

“Infrastruktur ini merupakan akses utama warga Desa Plompong untuk beraktifitas menuju Ibukota Kecamatan Sirampog. Dengan jarak tempuh 7,1 KM. Dan karena jembatan terputus, maka sekarang menempuh 3 kali lipat perjalanan. Itupun harus melewati Desa Cilibur Kecamatan Paguyangan dan Desa Lengkap Kecamatan Bumiayu. Untuk sampai ke pusat pemerintahan Kecamatan Sirampog,” jelasnya.

Baca Juga :  Empat Wadah Wartawan Banyuwangi Gelar Insan Pers Berbagi

Lebih lanjut tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini akan tetapi banyak warga Desa Plompong yang kesulitan dalam melaksanakan aktifitas bekerja dan sekolah sehingga sekarang mereka harus lebih pagi dalam menjalankan kegiatanya,imbuhnya.

“Sehari sebelum kejadian pihak TNI dan masyarakat telah melakukan pemagaran kedua mulut jembatan. Untuk memberikan tanda agar tidak di lewati oleh kendaraan roda dua atau roda empat untuk mencegah kecelakaan. Diketahui pada tahun 2018 lalu sempat ada pembangunan jembatan baru di sisi timur jembatan lama. Sepanjang 80 meter dengan menelan anggaran 10.8 miliaran rupiah. Yang dikerjakan oleh PT.Somba Hasbo. Namun sayang saat progres baru 60% sudah ambruk ( 31/1/2018 -red). Pasca pilar utama di terjang derasnya air serupa. Dan Rekonstruksi bangunan sampai saat ini belum di lanjutkan,” kata Kepala Desa Plompong Fatoni. (RMT)

Loading...

Baca Juga