oleh

Bupati Nduga Diserang OPM di Mapenduma, 1 Anggota TNI Tewas

SUARAMERDEKA – Pesawat Enggang Air Service yang membawa Bupati Nduga Yarius Gwijangge diserang saat akan landing dari keberangkatan Bandara Kenyam menuju Mapenduma Provinsi Papua. Turut serta dalam rombongan, Kadistrik Mapenduma Toni Gwijangge dan Kadistrik Kagayam Jonatan Kogoya. Pesawat tersebut juga membawa logistik sebanyak 1.100 kg sebagai bantuan sosial, Senin (28/01/19).

Yonif RK 751/VJS yang sedang melaksanakan pengamanan di Distrik Mapenduma segera melaksanakan pengamanan Bandara. Namun pada 28 Januari 2018 pukul 10.30 WIT sebelum pesawat mendarat tiba-tiba mendapatkan serangan tembakan oleh OPM dari arah ketinggian sebelah kanan di sekitar bandara. Pasukan TNI segera membalas tembakan sehingga terjadi kontak senjata antara TNI dan OPM.

OPM berhasil dipukul mundur dan melarikan diri ke arah hutan di balik ketinggian. Pesawat berhasil mendarat dalam keadaan aman. Namun saat dilaksanakan pengecekan personel, salah seorang anggota TNI, Praka Nasrudin mengalami luka tembak di bagian perut sebelah kanan. Teman-temannya berusaha memberikan pertolongan pertama, dan segera dievakuasi ke Timika.

Baca Juga :  Polres Sergai Perketat Penjagaan Vaksin Sinovac di Gudang Farmasi Dinkes Sergai

Pukul 12.50 WIT pesawat Enggang Air Service take off dari Bandara Mapenduma menuju Bandara Timika dengan membawa korban luka tembak dan 2 orang prajurit pendamping. Mereka diantar langsung oleh Bupati Nduga Yarius Gwijangge.

Saat dilaksanakan pertolongan medis di RSUD Timika, nyawa korban tidak dapat diselamatkan dan akhirnya korban gugur. Saat ini jenazah korban gugur sedang disemayamkan di RSUD Timika. Rencana besok akan dievakuasi ke Jayapura. Dari peristiwa tersebut, belum didapatkan keterangan apakah dari pihak OPM ada juga yang jatuh korban. (OSB)

Loading...