oleh

KPU dan Bawaslu Terindikasi Menjadi Sayap Kelompok Politik Jokowi

KPU dan Bawaslu Terindikasi Menjadi Sayap Kelompok Politik Jokowi

Oleh : Sudarsono Hadisiswoyo
Pengamat Kebijakan Publik

Dalam pemilu di Indonesia, KPU dan Bawaslu merupakan dua lembaga negara yang paling menentukan kemana arah Negara Indonesia.

Karena dua lembaga negara inilah yang diamanatkan undang-undang untuk menyelenggarakan dan mengawasi proses pemilu di Indonesia, baik itu pilpres maupun pileg.

Namun dalam pelaksanaan Pilpres 2019, Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu justru terindikasi menjadi sayap politik untuk pemenangan Jokowi.

Ini sebuah preseden buruk dan berdampak pada kemunduran demokrasi, jika indikasi Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu adalah cabang-cabang dari jaringan kekuasaan Jokowi.

Indikasi ini terlihat, seperti adanya hembusan issue yang menyebut, ada pihak yang berupaya menurunkan kredibilitas KPU. Dan sementara pihak Bawaslu selalu berjalan lamban dalam menyikapi pelanggaran yang dilakukan kelompok pro capres Jokowi.

Baca Juga :  Kampanye di Bandung, Prabowo Disawer Uang, Cookies Hingga Ikat Kepala Pendekar

Soal issue penurunan kredibilitas KPU, seringkali disebut oleh pihak aparat. Jika ini diperhatikan secara jeli, ada indikasi bahwa KPU adalah alat pemenangan Jokowi.

Loading...

Baca Juga