oleh

Emak-Emak Protes Keras Media Online CNN Indonesia Sebut Kata “Ekor”

SUARAMERDEKA – Seorang emak-emak memprotes pemberitaan media online CNN Indonesia berita yang berjudul “Mulan Jameela Ajak Safeea Jenguk Ahmad Dhani di Penjara”, Sabtu (23/2/2019). Protes emak-emak yang bernama Nelly Rosa Ringo ditulis dalam akun facebooknya.

Dalam postingan Fbnya, Nelly menyertakan sekitar 10 buah foto dan rekaman video yang menunjukkan sebuah layar monitor yang menayangkan gambar media online CNNIndonesia.com. Pada media tersebut terlihat pemberitaan dengan judul diatas. Pada alinea kedua kalimat kedua, tertulis kata “ekor”.

“Ia datang dengan mobil Toyota Alphard didampingi dua ekor, Tyarani Nugraha dan Syafeea Ahmad.”

Dalam komentar di Fbnya, emak-emak ini memperotes penggunaan kata “ekor” pada berita tersebut. Ia meminta media tersebut untuk eminta maaf dan mengklarifikasi.

“Saya protes keras kepada media CNN Indonesia. Atas nama Emak-emak, saya melihat CNN Indonesia telah menghina panggilan anak manusia menjadi panggilan sebutan kepada binatang. CNN Indonesia harus merevisi dan mengklarifikasi maksud kata ekor yang entah dengan maksud menghina atau apa. Yang pasti itu adalah suatu kesalahan besar yang dilakukan oleh media sebesar CNN Indonesia. CNN Indonesia harus meminta maaf baik kepada Mulan Jameela dan Ahmad Dhani dan juga kepada seluruh emak-emak se-Indonesia,” tulis Nelly.

Saat suaramerdeka.id membuka berita yang dimaksud pada pukul 14.15 WIB, tidak ada satu pun kata”ekor” pada berita tersebut. Semua kata yang ada pada alinea kedua kalimat kedua sama, kecuali kata “ekor” pada berita tersebut, tertulis “anaknya”.

Baca Juga :  Bangunan Diatas Fasos Fasum Tidak Dibenarkan Apapun Alasannya

Selain terdapat perbedaan pada kata “ekor”, perbedaan lainnya juga terdapat pada alinea pertama. Pada berita yang ada di layar monitor, alinea pertama berbunyi:

“Jakarta, CNN Indonesia — Mulan Jameela mengunjungi Ahmad Dhani Yang sebelumnya Saat ini Tengah BUANA di Rutan Medaeng Sidoarjo, Jawa Timur Akibat Kasus Pencemaran nama Baik.”

Sedangkan pada berita yang terdapat di website, alinea pertama tertulis sebagai berikut.

“Jakarta, CNN Indonesia — Mulan Jameela mengunjungi Ahmad Dhani yang saat ini tengah ditahan di Rutan Medaeng, Sidoarjo, Jawa Timur akibat kasus pencemaran nama baik.”

Sementara itu aktivis Hak Asasi Manusia (HAM) Haris Azhar saat dihubungi suaramerdeka.id melalui pesan whatsapp, berharap bahwa permasalahan ini dapat diselesaikan dengan baik.

Baca Juga :  Rakyat Melawan! Sebuah Opini Tony Rosyid

“Persoalan ini bisa diselesaikan dengan baik, yaitu dengan cara melapor ke Dewan Pers,” tulis Haris Azhar.

Suaramerdeka.id sudah mencoba menghubungi CNN Indonesia.com, namun sampai beritaini diturunkan, belum bisa dikonfirmasi. (OSY)  

Loading...

Baca Juga