oleh

Ashar Dulu Jamin Kerahasian Soal Ujian UAS BNSD Kabupaten Muna

SUARAMERDEKA – Jelang ujian Nasional, Dinas pendidikan Kabupaten Muna bentuk panitia pembuatan soal  Ujian Akhir Sekolah Berbasis Nasional tingkat Sekolah Dasar ( UAS BNSD )

Kegiatan pembuatan soal yang melibatkan puluhan tenaga pendidik. Baik dari kalangan  Kepala Sekolah maupun guru. Kegiatan ini dilaksanakan di ruangan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Muna Sulawesi Tenggara secara tertutup.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Muna Ashar Dulu yang ditemui sejumlah awak media membenarkan adanya kegiatan pembuatan soal ujian tingkat Sekolah  Dasar berbasil nasional tersebut. Soal ujian berjumlah enam mata pelajaran. Diantaranya Matematika, Bahasa Indonesia, IPA, IPS, PKN dan PJOK . Pembuatan soal ujian ini dikerjakan oleh enam tenaga pembuat soal dalam satu mata pelajaran.

Baca Juga :  Ratusan APK dan BK Pemilu di Kabupaten Tegal Ditertibkan
” Bahwa benar pada hari ini ada pembuatan soal UAS BNSD dalam ruangan saya. Semua ini bertujuan agar saya sebagai Kepala Dinas dapat mengawasi langsung pembuatan soal tersebut,” jelas Ashar

Ashar menambahkan, pembuatan soal tersebut dilakukan oleh sejumlah kepala sekolah dan guru. Semua memiliki sertifikat nasional pembuatan soal dan telah di sumpah. Bahkan telah menandatangani pernyataan bermaterai dengan beberapa sangsi berat. Jika ada diantara panitia pembuat soal yang membocorkan soal tersebut.

“Sesuai dengan pernyataan, bagi kepala sekolah akan diturunkan jabatannya. Sementara bagi guru akan dimutasi ketempat terpencil  atau diturunkan pangkatnya,” tandas Ashar Dulu. (MAC)

Loading...

Baca Juga