oleh

Mohon Klarifikasi Pernyataan Anda Panglima TNI, Opini Yudi Syamhudi

Mohon Klarifikasi Pernyataan Anda, Panglima TNI. Oleh: Yudi Syamhudi Suyuti, Koordinator Eksekutif JAKI (Jaringan Aktivis Kemanusiaan Internasional).

Saya perlu meminta klarifikasi atas pernyataan Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto soal, siapa yang mengacaukan Pemilu berhadapan dengan TNI. Ini Pak Hadi perlu menjelaskan kategori siapa saja yang dimaksud mengacaukan Pemilu. Jika yang dimaksud Pak Hadi itu, soal protes rakyat atau kecurigaan rakyat terhadap KPU, itu bukan mengacaukan Pemilu.

Karena Pemilu itu miliknya rakyat dan bukan miliknya Penguasa. Posisi TNI dalam hal ini harus netral agar tidak dihukum dunia. Selain itu, justru TNI harus menjaga dan mempertahankan kedaulatan rakyat termasuk hak pilih rakyat, jangan sampai dicurangi. Termasuk oleh Presiden sekalipun.

Baca Juga :  Jelang World Surf League Championship Tour, Bupati Ipuk Bertemu Menparekraf

Anda tolong pahami yang benar pak Hadi. Kategorikan dan klarifikasi pernyataan anda, supaya jelas. Jangan sampai dunia internasional mencurigai akan ada indikasi atau rencana tindakan agresi dari oknum penguasa. Dan itu berarti melanggar hukum internasional.

Justru Panglima harus bisa memastikan bahwa KPU tidak dimanfaatkan atau diperalat oleh kelompok tertentu, demi merusak kedaulatan rakyat dan negara.

Dan soal People Power, itu juga Hak Rakyat yang sesuai konstitusi, Hak Asasi Manusia dan demokrasi, jika memang terjadi manipulasi dalam Pemilu. Sekali lagi, Pemilu itu pemegang kekuasaan tertinggi adalah rakyat. Bukan Presiden, Panglima atau Konglomerat.

Loading...