oleh

Dirlantas PMJ : Simulasi perjalanan atlet demi kelancaran Asian Games 2018

Leaderboard_720x120

 

Jakarta ,-suaramerdeka.id –  Menjadi tuan rumah Ajang Olahraga ter – Akbar se Asia bukanlah hal yang mudah, terutama demi kelancaran akses lalu lintas, yang mana harus dikondisikan segala sesuatunya agar tidak terjadi suatu hambatan bagi atlet dalam melalukan perjalanannya.

Dengan kerjasama dari Jajaran Dirlantas Polda Metro Jaya dengan Dinas Perhubungan DKI Jakarta beserta BPTJ yang mana pada hari Rabu, tanggal 1 Agustus 2018, melakukan simulasi perjalanan dari Wisma Atlet Kemayoran menuju Istora Senayan. Rabu, (1/8).

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Yusuf, yang mana beliau menyatakan waktu tempuh berkurang sebanyak 1 (satu) menit dari simulasi sebelumnya yang memakan waktu sebanyak 21 (dua puluh satu) menit.

“Simulasi hari ini yang pertama kita melaksanakannya simulasi dari Wisma Atlet ke GBK, Dimana jarak tempuh batas waktu yang ditentukan bisa Kita laksanakan dalam waktu 20 (dua puluh) menit, Kalau simulasi Yang lalu itu waktunya 21 (dua puluh) menit jadi terjadi pengurangan 1 (satu) menit, Kemudian baliknya sama juga, jadi 20 (dua puluh) menit GBK ke Wisma Atlet,” kata Yusuf di Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (1/8).

Baca Juga :  PPWI Riau Bersama Zayu Lovers Club Siap Meriahkan Peringatan 90 Tahun Sumpah Pemuda

Yusuf menambahkan, Sedangkan untuk waktu tempuh dari Wisma Atlet menuju TMII membutuhkan selama 27 (dua puluh tujuh) menit,  estimasi waktu tersebut sama seperti pada saat pihaknya menggelar simulasi ketika tidak menutup ruas jalan tol.

Pihaknya sepakat bersama Dishub DKI Jakarta dan BPTJ untuk mengurangi jumlah ruas tol yang ditutup saat perjalanan keberangkatan atlet. Pada awalnya sebanyak 10 (sepuluh) ruas tol ditutup, kini hanya 4 (empat) ruas tol saja.

“Kita ambil kesimpulan bahwa rencana kita melaksanakan pada saat atlet berangkat dari Wisma Atlet ke Venue dengan 10 pintu tol ditutup dari pukul: 06:00 Wib sampai dengan pukul: 17:00 Wib, Kita kurangi yang berangkat (awalnya) ada 10 (sepuluh) pintu kita tutup, menjadi 4 (empat) pintu tol saja,” paparnya.

Akan terjadi pula pengurangan ruas tol yang ditutup saat jam kepulangan atlet mulai dari pukul: 12:00 Wib sampai dengan 21:00 Wib, Pada awalnya 9 (sembilan) ruas tol ditutup, menjadi hanya 3 (tiga) ruas tol saja. Hal itu telah disepakati dengan sejumlah pertimbangan.

“Pertama adalah efektivitas penggunaan jalan tol, yang kedua adalah kondisi atau dampak dari penutupan itu di luar jalan tol,” katanya.

Baca Juga :  Hanna Tinggalkan Pelatnas PBSI Demi Karier Profesionalnya

Adapun 4 (empat) ruas tol yang akan ditutup saat jam keberangkatan atlet dari pukul: 06:00 Wib sampai dengan -17:00 Wib yakni Angke 2, Tanjung Duren, Slipi 2 dan TMII 1.

Dan, 3 (tiga) ruas tol yang ditutup saat jam kepulangan dari pukul: 12:00 Wib sampai dengan 21:00 Wib yakni Angke 1, Slipi 1 dan TMII 2, Sedangkan sisanya akan dilakuan sistem buka tutup melihat situasi di lapangan.

Sebelumnya, 10 (sepuluh) pintu tol yang ditutup sejak pukul: 06:00 sampai dengan pukul: 17:00 Wib atau pada saat jam keberangkatan atlet ke venue, dengan meliputi jalur sebagai berikut:
Ancol Barat, Jembatan Tiga 1, Angke 2, Tanjung Duren, Off Ramp RS Harapan Kita, Slipi 2,
Podomoro, Rawamangun, Pedati dan TMII.

Sedangkan pintu tol yang ditutup pada pukul: 12:00 Wib sampai dengan pukul: 21:00 Wib atau saat atlet kembali ke Wisma Atlet Kemayoran, dengan meliputi jalur sebagai berikut: Pintu tol Gedong Panjang, Jembatan Tiga 2, Angke 1, Jelambar 1, Slipi 1, Sunter,
Jatinegara, Kebon Nanas dan TMII.(yanti)

Leaderboard_720x120
Loading...

Baca Juga