oleh

Pidato Saya di Rumah Perjuangan Rakyat, Sebuah Opini Natalius Pigai

Pidato Saya di Rumah Perjuangan Rakyat. Oleh: Natalius PigaiAktivis Demokrasi dan Hak Asasi Manusia.

Pidato Saya di Rumah Perjuangan Rakyat dihadapan aktivis sudah beredar di YouTube secara sepotong-sepotong. Pidato Ini adalah pemikiran, analisa faktual tentang 7 variabel penyelenggaraan pemilu yang lazim di seluruh dunia.

Landasan-landasan filosofis, teoritis dan prinsip-prinsip universal tentang Pemilu dan HAM dan Demokrasi: Hak Memilih (right to vote), hak dipilih (right to take a part) , bebas, jujur dan adil (free and Fair), bersih ( non money politics) dan Independen (non a buse of power), serta People Power and state in emergencies.

Konsep ini telah saya lalukan dan pernah menyampaikan kuliah umum dalam pelatihan dan pembekalan dihadapan lebih dari 500 penyelenggara pemilu. Termasuk Ketua KPU saat ini Arif Budiman. Juga dihadapan Prof Jimli (DKPP), Dr. Muhamad (Ketua Bawaslu lama), Nur Hidayat Sardini dll). Sejak 2014 dimana saya menjadi Ketua Tim Pemantauan Pemilu Komnas HAM RI 2014.

Baca Juga :  Sakaratulnya Petahana, Reshuffle Kabinet di Injury

Dalam pidato ini sama sekali tidak menyebut dan tidak ikutkan nama Prabowo dan Jokowi secara negatif. Untuk mempertahankan objektivitas dan integritas dalam mengungkap fakta pemilu.

Kalau ada yang ingin menjadi Penyelenggara Pemilu yang baik dan profesional silakan nonton sampai selesai. Semoga bermanfaat.

Loading...

Baca Juga