oleh

88 Persen Lulusan SUPM Tegal 2019 Sudah Diterima Kerja

SUARAMERDEKA.ID – Sekolah Usaha Perikanan Menengah SUPM Tegal melaksanakan Wisuda Angkatan 54 Tahun Pelajaran 2018/2019, pada 12 Juni 2019. Dari hasil prestasi akademik sejak di tingkat pertama, ujian sekolah, uji kompetensi keahlian dan uji nasional, seluruh siswa SUPM Tegal angkatan 54 tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 162 siswa ini dinyatakan lulus 100 persen.

Hadir memberikan arahan sekaligus mengalungkan Samir kepada para wisudawan dan wisudawati, Kepala Pusat Riset Perikanan Waluyo Sejati Abutohir. Dalam arahannya, Waluyo menyampaikan bahwa untuk mengemban amanat pemerintah mewujudkan Indonesia sebagai laut masa depan bangsa dan poros matim dunia, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menerjemahkannya ke dalam tiga pilar pembangunan, yakni kedaulatan, keberlanjutan, dan kesejahteraan.

Guna mewujudkan pilar kesejahteraan, Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDM) terus mendorong peningkatan SDM yang berkompeten melalui pendidikan vokasi.

“Penguatan pendidikan karakter merupakan poros utama perbaikan pendidikan nasional yang berkaitan erat dengan berbagai program prioritas pemerintah. Karenanya, setiap lulusan Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM) Tegal harus memiliki pendidikan karakter, integritas, kejujuran dan disiplin,” tegas Waluyo.

“Selamat kepada para siswa dan siswi yang diwisuda kelulusannya hari ini. Anda adalah tulang punggung untuk mengelola sektor kelautan dan perikanan Indonesia. Kita harus membuktikan, kita bisa mencapai kesejahteraan melalui sektor kelautan dan perikanan, melalui pengelolaan yang baik,” lanjutnya.

Baca Juga :  Terima Finalis Puteri Otonomi Daerah 2021, Bamsoet Dorong Pemberdayaan Desa

Dalam laporannya, Kepala SUPM Tegal Maskuri mengatakan bahwa Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada tahun pelajaran 2018/2019 ini adalah UNBK yang ketiga kali yang diselenggarakan oleh SUPM Tegal. Berkat kerja sama seluruh komponen sekolah dan doa para orang tua siswa, UNBK yang ketiga ini dapat terlaksana dengan baik. Hal ini juga berkat dukungan dari Dinas Pendidikan Kota Tegal.

“Para lulusan yang menamatkan pendidikan pada tahun ini, selain memperoleh ijazah SUPM. Mereka juga telah dibekali dengan sertifikat kompetensi keahlian, sertifikat Basic Safety Training (BST) dan Buku Pelaut (Seaman Book) sebagai bekal untuk bekerja pada dunia usaha dan dunia industri pada sektor kelautan dan perikanan. Untuk membantu menyalurkan lulusan SUPM Tegal, kami telah melakukan kerja sama dengan pihak dunia usaha dan dunia industri perikanan di dalam maupun di luar negeri. Pihak-pihak DU/DI tersebut telah melakukan seleksi untuk merekrut siswa SUPM Tegal dalam program pemagangan,” jelas Maskuri.

Disampaikan bahwa sdari 162 siswa yang diwisuda, 142 orang (87,65 persen) telah terserap di dunia usaha dan industri perikanan di dalam dan di luar negeri. Sebanyak 20 orang (12,35 persen) mengikuti seleksi pendidikan di beberapa perguruan tinggi.

Baca Juga :  IPW : Polri Harus Segera Tangkap Pembuat Akun Palsu Kapolri Tito Karnavian

Wakil Walikota Tegal, Muhammad Jumadi, berpesan kepada para wisudawan agar menapak kehidupan yang lebih baik lagi.

“Doa kami semua menyertai kalian. Saya yakin, gemblengan mental, spiritual, dan fisik yang selama tiga tahun Anda terima di SUPM Tegal mampu membuat kalian tegar dan tekun. Dalam menghadapi persoalan yang Anda hadapi di masa depan. Pemerintah Kota Tegal juga menyadari bahwa peningkatan SDM perikanan membutuhkan kerja sama yang baik antara lembaga pendidikan, pemerintah, dan masyarakat. Dalam kesempatan yang baik ini saya berharap agar kerjasama antara SUPM Tegal dengan Pemerintah Kota Tegal. Dapat tetap terjalin dengan baik,” ujarnya.

Hadir dalam Wisuda SUPM Tegal, Ibu Walikota Tegal; Segenap Jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Kota Tegal; Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Tegal, Kabupaten Tegal, Kabupaten Brebes dan Kabupaten Pemalang; serta undangan lainnya.

Loading...