oleh

Lapas Banyuwangi Ajukan 456 Remisi Dalam Dirgahayu RI Ke-73 Kepada Kemenkum dan Ham

Banyuwangi, Suaramerdeka.id – Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-73, lembaga pemasyarakatan (Lapas) klas II B, Banyuwangi, tepat 17 Agustus 2018, ratusan warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) mendapatkan remisi (potongan tahanan). Hal ini merupakan kabar gembira yang dinanti-nanti para WBP yang mendapatkan remisi tersebut.

“WBP yang kami ajukan remisi sejumlah 456 orang untuk mendapatkan remisi. Namun sampai saat ini yang turun baru ada 326 SK (Surat Keputusan) dari Menteri Hukum dan Ham RI. Lainya masih menunggu.” Ucap Kepala Lapas Banyuwangi, Ketut Akbar Herry Ahyar, Bc. IP, SH, MH, Kamis (16/8).

“Untuk siapa saja yang mendapatkan remisi, nantinya akan dibacakan oleh Bupati Banyuwangi pada saat upacara Proklamasi yang akan digelar didalam Lapas Banyuwangi”, Tambahnya.

Baca Juga :  Masyarakat Adat Dan Karyawan Lokal Palang PT Gag Nikel

Diketahui, pemberian remisi kepada narapidana merupakan perwujudan dari pemajuan dan perlindungan Hak Asasi Manusia sebagai salah satu sarana hukum yang penting dalam rangka mewujudkan tujuan Sistem Pemasyarakatan.

Adapun dasar dalam pemberian remisi, yaitu UU RI No. 12 tahun 1995 tentang pemasyarakatan, PP RI No. 28 tahun 2006 perubahan atas PP RI No. 32 tahun 1999 tentang syarat dan tata cara pelaksanaan hak WBP, PP RI No. 99 tahun 2012 tentang perubahan kedua atas PP RI No. 32 tahun 1999 tentang syarat dan tata cara pelaksanaan hak WBP, keputusan Presiden RI No. 174 tahun 1999 tentang remisi, dan Peraturan Menteri Hukum dan HAM RI No. 3 tahun 2018 tentang syarat dan tata cara pemberian remisi, asimilasi, cuti mengunjungi keluarga, pembebasan bersyarat, cuti menjelang bebas dan cuti bersyarat.

Baca Juga :  Mahasiswa Tercyduk Polres Padangsidimpuan Saat Transaksi Narkoba

“Syarat WBP bisa diajukan remisi bila berkelakuan baik, telah menjalani masa tahanan pidana 6 bulan lebih yang terhitung sampai tanggal 17 agustus 2018, serta mengikuti program pembinaan yang ada di Lapas (muhibut).

Loading...

Baca Juga