oleh

Distan Kapuas Cek Kesehatan Hewan Kurban

SUARAMERDEKA.ID – Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas (Distan Kapuas) Provinsi Kalimantan Tengah periksa kesehatan kurban menjelang Hari Raya Idul Adha 10 Zulhijah 1440 Hijriah. Pemeriksaan melalui bidang peternakan dan kesehatan hewan ini untuk menghindari adanya hewan kurban yang tidak higienis.

Menurut Dokter Hewan yang juga Kasi Kesehatan Hewan Distan Kapuas, drh Anik Arisnwandani, bahwa kegiatan pemeriksaan hewan kurban telah dilakukan pada 31 Juli dan 1 Agustus 2019 lalu. Pemeriksaan selama dua hari itu dilakukan di tempat penjualan hewan kurban. Diantaranya pasar hewan Basarang dan beberapa kandang peternak yang menyediakan stok hewan kurban.

“Pemeriksaan Rabu dan Kamis kemarin, yang diperiksa kesehatannya, “katanya, Jumat (2/8/2019).

Dia menjelaskan, hewan sehat itu tidak menunjukkan gejala penyakit hewan menular. Ciri-cirinya, mata jernih, kulit bersih mengkilat, lubang kumlah bersih, umur di atas 1 tahun untuk kambing dan sapi di atas 2 tahun.

Baca Juga :  Kapuas Nihil Juara Independence Day Battle Slide And Grind

” Diperiksa dengan melihat susunan gigi hewan, tidak cacat, buta, pincang, patah tanduk, putus ekor, rusak daun telinga dan pada jantan memiliki buah zakar lengkap dengan bentuk dan letak simetris,” sebutnya.

Dia juga menambahkan, pemeriksaan lanjutan akan dilakukan lagi satu hari sebelum, pada Hari Raya Idul Adha, dan setelahnya. Hal ini untuk memastikan hewan kurban benar-benar higienis untuk dikonsumsi.

“Hasil pemeriksaan sementara belum ditemukan yang tidak sehat, “katanya. (SAS)

Loading...

Baca Juga