oleh

Pokmas Koma Vision, Ternak Budi Daya Kelinci dan Kambing

Leaderboard_720x120

Banyuwangi, Suaramerdeka.id – Insan pers Banyuwangi yang tergabung dalam Koma Vision ( Koran, Majalah, Televisi dan On Line ) yang biasanya dalam keseharian mencari berita, sebagai kuli tinta, kini untuk menambah kelancaran perekonomian keluarga, para awak media sepakat membentuk Kelompok Masyarakat ( Pokmas Koma Vision ) dengan usaha ternak kelinci dan kambing.

Lokasi ternak kelinci dan kambing bersama masyarakat berada di kawasan daerah dingin, tepatnya di Dusun Randu Agung Krajan, Desa Parang Harjo Kecamatan, Songgon, 30 Km arah barat daya dari jatung kota Banyuwangi.

Hadir dalam lounching Pokmas Koma Vision, Sabtu (18/8) dliantaranya anggota DPRD Provinsi Jatim, dari fraksi Partai Persatuan Pembangunan ( P3 ), KH. Fauzan. Kapala Lembaga Pemasyarakatan ( Lapas ) Banyuwangi dan segebai pengurus serta anggota Pokmas.

Dalam sambutanya Fauzan mengapresiasi insan pers yang tergabung di Koma Vision, yang biasa mencari berita sebagai kuli tinta, bisa menbentuk pokmas bersama masyarakat di lingkungan pedesaan. Artinya profesi wartawan tetap jalan, dan usaha ternak kelinci dan kambing ditangani peran serta mastarakat desa. Dan itu jelas ada penghasilan.

Baca Juga :  Peringati Tahun Baru Islam 1440 H, Kapolsek Cengkareng Padati Masjid Raya Bersama Ratusan Warga

Penasehat Pokmas Koma Vision, Erwi Yudiyanto mengatakan kalau kita itu tujuannya adalah:

(1). Pemberdayaan masyarakat dan memberikan usaha kecil dan sarana lngkungan edukasi bagi masyarakat tidak punya penghasilan sehingga mengurangi ngka pengangguran. (2). Membuka kesempatan kepada masyarakat agar mau menjadikan kota bwi sebagai sentra budidaya kelinci yang nota bene banyak dibutuhkan di luar daerah baik utk komsumsi maupun sekedar hewan piaraan. (3). Menjadikan koma vision sebagai wadah pemberdayaan usaha kecil lain bagi masyarakat. Ucap Penasehat Erwin Yudiayanto.

Secara terpisah Ketua Pokmas Koma Vision, Margito mengatakan, “ternak kelinci adalah salah satu alternatif dari mahalnya daging sapi yang melambung tinggi, daging kelinci bisa sebagai penyeimbang konsumsi harian. Dan Insyaallah kita akan sukes kedepanya. Selain kelinci Pokmas Koma Vision juga ternak kambing, yang mana nantinya kambing kita menjadi banyak dan siap untuk dijual.” Kata Margito dengan penuh optimis.

Baca Juga :  Perahu Terbalik di Laut Grajagan Akbat di Hantam Ombak Besar

“Ide cemerlang ini perlu kita tiru. Karena insan pers yang terbiasa keseharianya mencari warta, tetapi dalam activitas keseharian mencari berita tidak terganggu sama sekali terkait kelinci dan kambing, karena usahanya sudah ditangani dengan peran serta masyarakat pedesaan dalam urusan ternak. Jadi masyarakat dapat keuntungan / penghasilan, kelompok Koma Vision juga tertopang penghasilan diluar activitas yang sangat tidak mengganggu, secara otomatis nantinya perekonomian teman pers akan bertambah dari penghasilan yang dikelola pokmas.” Urai Kalapas Banyuwangi, Ketut Akbar Hery Ahyar. ( muhibut ).

Loading...

Baca Juga