oleh

Ulangtahun PT Sarinah Diwarnai Event Nubruk Kopi Nusantara

SUARAMERDEKA.ID – PT Sarinah (Persero) dan Nusantara Kreatif sebagai Kurator UKM Indonesia dari PT Sarinah (Persero) menggelar acara event yang bertema Nubruk Kopi Nusantara (NuKoNus). Event ini menerapkan pola to see-do-buy yang mencakup aktivitas talkshow, workshop dan trade activity.

Event yang baru pertama digelar ini diadakan bertepatan dalam rangkaian kegiatan dari ulang tahun PT Sarinah (Persero) ke-57 tahun dan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-74. Lokasi event ini di area kuliner lantai upper ground Sarinah, jalan MH Thamrin No 11 Jakarta Pusat.

“Pelibatan dari pemerhati, penikmat kopi dari segala kalangan strata atau usia dan juga pelaku industri kopi menjadi sajian atraksi yang menarik dimana saat ini trend industri kopi sangat diminati dari segala ragam kalangan dan usia di Indonesia khususnya Jakarta dan sekitarnya,” kata Direktur Bisnis Ritel Sarinah, Lies Permana Lestari, di Gedung Sarinah, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Sabtu (10/8/2019).

Lanjut Lies Permana, pada event ini juga disajikan info/data berkaitan dengan asal usul dari kopi beras (biji kopi mentah). Kopi beras ini nantinya diolah menjadi ragam olahan kopi seduh. Informasi ini erat kaitannya dengan sosial serta kultur budaya dari daerah sentra penghasil komoditi kopi di Indonesia.

Baca Juga :  Aston Hotel Hadirkan Banyuwangi Culinary, Kuliner Khas Oseng

“Begitu juga cara penyeduhan sajian Kopi Indoneisa yang sering dikenal dengan kopi tubruk. Yaitu cara menyajikan seduhan kopi olahan khas Indonesia yang paling sering dipergunakan dalam memberikan penilaian jujur terhadap rasa kopi,” tutur Lies Permana.

Cara tubruk atau menyeduh biji kopi tersangrai secara langsung merupakan cara yang paling banyak digunakan masyarakat Indonesia. Selain terlihat mudah, cepat dan juga praktis. Selain itu, metode kopi tubruk ini juga merupakan cara terbaik merasakan keaslian cita rasa kopi yang diseduh.

“Namun tentu saja dalam event Nubruk Kopi Nusantara (NuKoNus-red) ini juga menghadirkan teknik penyajian seduhan kopi kekinian sesuai selera penikmat kopi. Sebagai informasi, kopi indonesia termasuk dalam kategori “ The best coffee  comes from the best growing climate known as : the bean belt”,” jelas Lies Permana.

Daerah sentra penghasil komoditi kopi di Indonesia terbentang dari Sumatera sampai dengan Papua. Yang tentunya masing-masing daerah penghasil komoditi kopi memiliki kekhasan dari kualitas biji kopi mentah.

Baca Juga :  Kajari Kota Malang Terima Penghargaan Phasivic Award

“PT Sarinah sebagai sentra trading house untuk ragam hasil produksi UKM Indonesia. Memiliki komitmen yang tinggi dan mendukung penuh terlaksananya event yang berjudul Nubruk Kopi Nusantara (NukoNus-red) ini dengan rangkaian aktivitas event. Yang tentunya diharapkan memiliki efek beruntun, berkelanjutan,” ujar Lies Permana.

Ia berharap,keberadaan PT Sarinah (Persero) dapat menjadi sarana promosi dan pemasaran ragam komoditi kopi olahan. Dari pelaku industri kopi dari seluruh daerah sentra kopi di Indonesia. Event ini diharapkan juga menjadi forum berbagi ilmu dalam tata kelola dan tips penyajian ragam komoditi kopi olahan dari pelaku industri kopi yang biji kopi tersangrai berasal dari daerah sentra komoditi kopi di Indonesia.

Ia juga herharap PT Sarinah (Persero) menjadi database collection semua hak yang berkaitan dengan kopi. Mulai dari peralatan kopi, pelaku dibidang industri kopi di Indonesia (petani kopi), penikmat kopi, master roastery, barista, sampai dengan coffee equipment. (OSY)

Loading...

Baca Juga