oleh

Anies Baswedan Menyembelih Hewan Kurban Sendiri

SUARAMERDEKA.ID – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan sendiri proses penyembelihan hewan kurban. Aksi ini dilakukan untuk meneruskan tradisi yang dilakukan oleh orangtuanya.

“Alhamdulillah, hari ini masih diberikan kesempatan untuk kembali memotong hewan kurban sendiri,” tulis Anies Baswedan.

Demikian cuitan awal Anies Baswedan di akun Instagram @aniesbaswedan, Minggu (11/8/2019).  Ia menjelaskan bahwa memotong hewan kurban bukan hal asing baginya. GubernurDKI Jakarta ini menyebut dirinya pertamakali melakukannya saat kelas 2 SMA.

“Saat SMA dan kuliah, saya sering aktif sebagai panitia penyelenggara Kurban. Biasanya dibagikan untuk warga miskin di desa-desa sekitar Yogya. Pengalaman pertama memotong sendiri hewan Qurban ketika SMA kelas 2 yang dibagikan di daerah Gunung Kidul, waktu itu adalah dataran tinggi yang gersang di sisi tenggara Provinsi DIY. Kini saya dengar telah banyak penghijauan,” tuturnya.

Baca Juga :  Peringati Hari Lansia Nasional, Gubernur DKI Jakarta Minta Fasilitasi Lansia Aktif

Ia juga menulis bahwa kebiasaan ini selalu dilakukannya jika kondisi memungkinkan.

“Sesudah itu selalu diikhtiarkan, kalau secara waktu memungkinkan maka akan potong sendiri. Alhamdulillah, tahun ini waktunya memungkinkan,” ujar Anies.

Meski sudah beberapakali memotong hewan kurban, namun memotong sapi adalah adalah pengalaman pertama baginnya. Ia juga menyebut pada hari itu ia menyembelih 3 kambing dan 2 sapi.

“Hari ini rencananya hanya memotong hewan kurban sendiri, ternyata masih ada beberapa hewan yang belum disembelih jadi sekalian dipotongkan. Jadinya, saya dapat tugas menyembelih 3 kambing dan 2 sapi. Hari Ini pengalaman pertama memotong sapi, biasanya memotong kambing,” tutur Anies.

Ia mengaku menyembelih hewan kurbannya sendiri karena menteladani apayang pernah dilakukan oleh ayahnya. Ia berharap anak-anaknya dapat meneruskan tradisi ini.

Baca Juga :  Sudah Lima Tahun Jalan Penghubung 8 Dusun Ini Masih Rusak

Dulu saya menyaksikan ayah memotong sendiri kambing kurbannya. Dan hari ini anak-anak saya ajak ikut lihat ayahnya memotong kurban sendiri juga. Mudah-mudahan nantinya, insyaAllah anak-anak meneruskan tradisi, bisa memotong sendiri hewan korbannya. (AMN)

Loading...

Baca Juga