oleh

Penumpang KM Santika Nusantara Yang Terbakar Berhasil Dievakuasi

SUARAMERDEKA.ID – Seluruh penumpang dan Anak Buah Kapal (ABK) Kapal Ro-Ro KM. Santika Nusantara rute Surabaya-Balikpapan yang terbakar Kamis malam (22/8/2019) pukul 20.45 WIB di Perairan Laut Utara Pulau Masalembo Jawa Timur berhasil dievakuasi dengan selamat.

Upaya tersebut tak terlepas dari bantuan dan kerjasama berbagai pihak serta kapal-kapal yang dikerahkan untuk membantu proses evakuasi hingga seluruh penumpang berhasil diselamatkan.

Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Ahmad mengapresiasi atas quick response yang dilakukan oleh tim dan pihak-pihak terkait. Semua bergerak cepat bahu-membahu membantu sehingga musibah tersebut tidak menelan korban jiwa.

Menurut Ahmad, saat kejadian Nakhoda dan awak kapal telah menginstruksikan kepada para penumpang. Mereka diminta untuk menggunakan life jacket serta tetap tenang dan tertib.

Baca Juga :  Sule Ini Talk Show Bongkar Hubungan Pak Ndul Dengan Jenderal Alien

“Kami mengapresiasi dan bersyukur para penumpang mengikuti instruksi nakhoda dan tetap tenang selama menunggu bantuan evakuasi sehingga kondisi di atas kapal tetap kondusif,” kata Ahmad, Jumat (23/8/2019) di Jakarta.

Lanjutnya, menurut laporan dari Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Perak, KM. Santika Nusantara yang dinakhodai oleh Mauru I. Z. Tolule mengangkut 122 orang penumpang, 94 sopir dan kernet, 44 orang ABK serta 17 orang mitra pelayaran.

“Evakuasi berjalan secara bertahap. Sambil menunggu kapal lain melintas, para penumpang dievakuasi ke life raft atau sekoci. Tadi pagi (Jumat-red) dilaporkan penumpang telah berada di atas kapal yang mengevakuasi. Dan ada juga yang sudah berada di daratan Pulau Masalembu,” jelas Ahmad. (OSY) 

Baca Juga :  Pasar Modal Indonesia Potensi Stabilkan Pasar Modal Global, Jika Politik Stabil
Loading...