oleh

Bawaslu Brebes Gelar Upacara Hari Lahir Pancasila

SUARAMERDEKA.ID – Bawaslu Brebes menggelar upacara memperingati hari lahir Pancasila di Halaman Kantor Bawaslu yang baru di jalan KH. Hasyim Asari 2 Pasar Batang kabupaten Brebes provinsi Jawa Tengah, Sabtu (1/6/2019).

Pada upacara hari lahir Pancasila tersebut, Ketua Bawaslu Brebes, Wakro SIp bertindak sebagai inspektur upacara. Ia membacakan amanat Plt Kepala Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia, Hariyono . Sebagaimana di ketahui bahwa kondisi Geografis yang memposisikan wilayah indonesia sebagai negara kepulauan makin memperkokoh konsep dan keyakinan akan tanah air Indonesia.

“Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa. Yang digali oleh para pendiri bangsa merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa buat bangsa indonesia. Sebagai bangsa yang besar, kita tidak akan meninggalkan sejarah. Apa yang oleh Bung Karno pernah di sebut”JAS MERAH”. Untuk menghormati jasa pendiri bangsa sekaligus meneguhkan komitmen terhadap ideologi negara. Memperingati hari kelahiran Pancasila sebagai salah satu kebanggaan nasional (national pride-red),” kata Ketua Bawaslu Brebes.

Lebih lanjut Wakro menyebut, Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangankan. Peringatan hari kelahiran Pancasila merupakan sesuatu yang tidak terpisahkan dari momentum perumusan”Piagam Jakarta”oleh “Panitia Kecil” tanggal 22 juni. Dan pengesahan Pancasila dalam Pembukaan UUD 1945 oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia ( PPKI ) tanggal 18 Agustus 1945. Sehingga 3 peristiwa penting tersebut merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan.

“Dengan peringatan hari kelahiran Pancasila 1 juni 2019, Pancasila perlu di jadikan sebagai sumber inspirasi Politik harapan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Kita semua harus terus menerus secara konsisten merealisasikan Pancasila. Sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan dunia yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan seluruh bangsa indonesia,” tutur Ketua Bawaslu Brebes. (RMT)

Loading...

Baca Juga