oleh

Henny Trimira Handayani Resmi Jabat Ketua Pengadilan Negeri Sragen

SUARAMERDEKA.ID – Henny Trimira Handayani secara resmi menjadi Ketua Pengadilan Negeri (PN) Sragen usai dilantik oleh Ketua Pengadilan Tinggi (PT) Semarang Cicut Sutiarso. Wanita yang sebelumnya menjadi Wakil Ketua di PN yang sama ini menggantikan Ahmad Yasin yang mendapat promosi jabatan menjadi hakim tinggi di PT Samarinda, Kalimantan Timur.

Dipimpin oleh Ketua PT Semarang, pelantikan dan serah terima jabatan dilakukan di Ruang Sidang Kartika PN Sragen Jawa Tengah, Kamis (7/1/2021). Usai pelantikan, Cicut Sutiarso menuturkan, pergantian Ketua PN Sragen ini dirasa akan mempengaruhi kinerja instansi tersebut. Pasalnya, Henny Trimira Handayani selaku pengganti, sebelumnya adalah wakil Ahmad Yasin di PN tersebut.

Namun Cicut juga mengingatkan, setiap pejabat mempunyai kelebihan dan kekurangan. Karenanya, yang terbaik adalah meneruskan dan menyempurnakan capaian pejabat lama.

“Kalau sudah bagus, sopir tinggal nge-gas saja. Karena kita tidak ada yang sempurna, semua ada kekurangan. Meneruskan apa yang sudah dicapai oleh Pejabat yang lama. Konotasinya lebih menyempurnakan dan meningkatkan pelayanan Publik tingkatnya di Pengadilan di Kabupaten sampai Kecamatan tingkatan ke Desa,” kata Cicut Sutiarso di ruangan kantor PN Sragen.

Di tempat yang sama, Henny Trimira Handayani menyampaikan, secara garis besar, tugas pokok dan fungsi (tupoksi) seorang Ketua Pengadilan Negeri sudah ditentukan oleh Mahkamah Agung. Ia juga akan mendukung agenda yang sudah ditetapkan oleh Pengadilan Tinggi.

Kita menjalankan tugas secara garis besar yang sudah ditentukan oleh Mahkamah Agung. Tupoksi-nya apa. Kemudian kita kembangkan apa yang dititipkan oleh Pimpinan Pengadilan Tinggi tentang bagaimana melayani masyarakat yang lebih baik. Serta meningkatkan indeks persepsi korupsi dianggap masih ada sesuatu,’ kata Henny.

Ia menekankan, semua progran yang ada, baik dari MA, PT dan PN sendiri, tidak akan berjalan dengan baik tanpa ada kesadaran dari semua pihak. Dibutuhkan peran aktif dari semua pihak untuk membuat semua jadi lebih baik.

Kita membantu untuk kembali membangkitkan kesadaran, berusaha lebih baik, bukan dari diri kita tapi dari orang lain juga harus melakukan sesuatu,” imbuhnya.

Terkait program Kembang Desa, ia menuturkan, saat ini program tersebut sudah dipastikan oleh Pengadilan Tinggi dan mulai berjalan pada tahap sosialisasi. Diharapkan pada peralihan tahun, seluruh desa harus sudah mengerti apa dan bagaimana program tersebut.

“Jadi masyarakat tidak bingung,” tuturnya.

Ia menambahkan, program Kembang Desa dibuat untuk mempermudah masyarakat desa mendapatkan pelayanan hukum. Sehingga masyarakat tidak perlu selalu datang ke Pengadilan Negeri untuk mengetahui perkembangan pelayanan hukum yang ada.

Namun ia menegaskan, program ini akan bersinergi dengan intansi aparat pemerintahan mulai dari desa hingga kabupaten. Karenanya, diperlukan persiapan matang dan kesiapan semua pihak agar program ini bisa terealisasi dengan baik.

Program desa kita sudah siap, ini cara supaya mereka tidak wira-wiri, seolah-olah sudah ada disana karena nanti melibatkan orang desa dan harus siap kontak dengan Bupati, karena percuma kita siap namun disana belum,“ tutup Henny Trimira Handayani.

Baca Juga :  Ketua PN Sragen Sosialisasikan Layanan Kembang Desa
Henny Trimira Handayani Resmi Jabat Ketua Pengadilan Negeri Sragen
Ketua Pengadilan Negeri Sragen Dr. Henny Trimira Handayani, S.H., M.H., Kamis (7/1/2021)

PROFIL

Nama Lengkap (dengan gelar) Dr. HENNY TRIMIRA HANDAYANI, S.H, M.H.
Tempat/Tahun Kelahiran Jakarta, 1966
Jenis Kelamin Perempuan
Agama Islam
Status Pernikahan Kawin
Eselon & Golongan IV/c

RIWAYAT PENDIDIKAN

JENJANG UNIVERSITAS TEMPAT KET
S3 Universitas Sebelas Maret (UNS) Fakultas Hukum Surakarta Lulus
 S2 Universitas Indonesia (UI) Fakultas Hukum Jakarta Lulus
S1 Universitas Indonesia (UI) Fakultas Hukum Jakarta Lulus

RIWAYAT PEKERJAAN

NO JABATAN PERIODE UNIT KERJA
1 Ketua PN Sragen 7 Jan 2021 – sekarang Pengadilan Negeri Sragen Kelas IA
2 Wakil Ketua PN Sragen 2 Sept 2018- 7 Jan 2021 Pengadilan Negeri Sragen Kelas IA
3 Ketua PN Ponorogo 7 Agust 2017- 2 Sept 2018 Pengadilan Negeri Ponorogo Kelas IB
4 Wakil Ketua PN Kudus 2 Des 2016 – 4 Agust 2017 Pengadilan Negeri Kudus Kelas IB
5 Ketua PN Salatiga 9 Juni 2015 – 1 Des 2016 Pengadilan Negeri Salatiga Kelas II
6 Ketua PN Semarapura 29 Juli 2013 – 8 Juni 2015 Pengadilan Negeri Semarapura Kelas II
7 Wakil Ketua Ponorogo 13 April 2011 – 26 Juli 2013 Pengadilan Negeri Ponorogo Kelas II
Baca Juga :  Dugaan Penistaan Agama Dilaporkan 2 Tahun Lalu Diselidiki Sekarang, Ada Apa?

(SST)

Loading...

Baca Juga