oleh

Jelang Nataru, Dishub Gelar Apel Jukir. ” Tugas Jukir Wajib Mengedepankan 5 S “

SUARAMERDEKA.IS – Bidang Lalulintas pada Dinas Pehubungan Kabupaten Banyuwangi melakukan kesiapan juru parkir (Jukir) dalam menyongsong Natal dan Tahun Baru (Nataru), menggelar apel jukir di laksanakan di kantor pengujian kendaraan bermotor (PKB), Jumat (8/12/2023) siang, dipimpin Kasi Perparkiran, Wahyu.

Arahan untuk jukir dalam Nataru di harapkan mengedepankan smile terhadap pengguna parkir yang mayoritas warga Banyuwangi yang mudik karena liburan natal dan tahun baru. Selain itu jukir juga melakukan tugas pengawasan dalam menata parkir di tempat wisata yang ada di Bumi Blambangan dengan mengedepankan 5 S ( Senyum, Sapa, Salam, Sopan dan Santun ).

Kepala Dinas perhubungan, melalui Kasi Perparkiran, Wahyu, mengatakan kalau jajaran jukir kita dalam Nataru diawali tanggal 20 Desember 2023 hingga Minggu pertama bulan Januari 2024. Dimana di dalam tanggal itu banyak warga Banyuwangi yang pulang karena liburan, serta wisatawan lokal dan mancanegara yang berlibur di tempat wisata yang ada di Bumi Blambangan.

Baca Juga :  Babinsa Sinar Baru Pantau Wilayah Banjir

“Dalam bulan Desember ini giat Pemkab Banyuwangi cukup padat, seperti tanggal 15 Desember di Pendopo Sabha Swagata Blambangan ada pelantikan Kepala Desa terpilih, tanggal 17 giat Jazz pantai Marina Boom, 18 hari H, Hari Jadi Banyuwangi (Harjaba) dilanjut menyambut tahun baru.

Jukir dalam melaksanakan tugas semua di harapkan wajib menggunakan baju jukir dinas yang ada atributnya.” tegas Wahyu, Jum’at (8/12/2023).

Lanjut Wahyu, tugas pokok penting para jukir itu tidak sama dengan activitas yang lain. Artinya jukir di bawah naungan Dinas Perhubungan, sama dengan Polri-TNI, dan Sat Pol PP.

“Dimana para activitas lain di hari libur panjang, seperti Hari Raya Idhul Fitri, Nataru, Dinas Perhubungan bersama jukir, Polri-TNI dan Sat Pol PP justru tidak libur. Mereka punya tupoksi sendiri sendiri, sedang kita mengamankan, merapikan semua kendaraan sepeda onthel, sepeda motor dan mobil dengan 5 S, iaitu senyum, sapa, salam, sopan dan santun dalam melakukan activitas.” tambah Wahyu.

Baca Juga :  Satuan Brimob Polda Sumut Bagikan Makanan Gratis ke Masyarakat

Dalam penataan parkir mobil di pelantikan Kepala Desa terpilih di Pendopo Sabha Swagata Blambangan kita melakukan activitas extra. Biasa satu Kades terpilih sanak keluarga, dan kolega penghantar lebih dari satu mobil, sedang yang di Lantik Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani nanti sejumlah 51 kades terpilih bisa menutup ruad jalan depan Pendopo, merupakan tugas Dishub dan jukir dalam penataannya. (BUT).

Loading...