oleh

Ketua TP PKK Aceh Serahkan Akta Kelahiran Anak di Gunung Singit

SUARAMERDEKA.ID – Ketua TP PKK Aceh, Dyah Erti Idawati melakukan pembinaan Gampong Mawaddah Warrahmah (Gammawar) di Kampung Gunung Singit Kecamatan Silih Nara Kabupaten Aceh Tengah, Senin (06/09/2021).

Disela kunjungan tersebut, Dyah turut menyerahkan Akta Kelahiran sekaligus Kartu Keluarga dan Kartu Identitas Anak (KIA) bagi anak yang baru lahir di kampung tersebut, sebagai bagian dari pelayanan Kampung Gunung Singit di bidang administrasi kependudukan.

Kadis Dukcapil Aceh Tengah, Mustafa Kamal menyebutkan dokumen kependudukan yang diserahkan merupakan bagian dari inovasi Dinas Dukcapil yang diberi nama “Balita Kita” atau Bayi Lahir Terima KK, Akta dan KIA.

“Ibu Ketua PKK Aceh juga merupakan bunda PAUD sehingga penyerahan Akta kelahiran bagi anak pada kesempatan pembinaan Gammawar di Gunung Singit merupakan momen yang sangat berarti bagi masyarakat dan peningkatan pelayanan Adminduk,” ungkap Mustafa.

Baca Juga :  Kadispora Wajo: Keterlibatan Pemuda Hanya Terlibat Sebatas Seremonial

Lebih lanjut Mustafa mengatakan sebagai Kampung Mawaddah Warrahmah, pihaknya harus memastikan di Gunung Singit semua anak harus sudah punya akta kelahiran, semua anak dibawah 17 tahun sudah punya KIA dan semua warga 17 tahun keatas sudah punya KTP elektronik.

“Kampung Gunung Singit juga diproyeksikan sebagai Kampung Sadar Administrasi Kependudukan (Kaminduk) sehingga pengurusan Adminduk dapat dilakukan di Kampung, ini sangat memudahkan masyarakat,” demikian Mustafa.

Selain menyerahkan Akta Kelahiran, Kartu Keluarga dan KIA, Ketua TP PKK Aceh juga memberi banyak masukan pada pembinaan Gammawar kali ini, termasuk melihat langsung praktek Bank Sampah, Rumah Sehat dan Tanaman Obat Keluarga (TOGA). (WIN)

Loading...

Baca Juga