oleh

Pemerintah Gelar Lomba Virtual Cinta Indonesia Berhadiah 1 Miliar

SUARAMERDEKA.ID – Panitia Nasional Peringatan HUT ke-75 RI menggelar lomba virtual dengan tema Cinta Indonesia yang berhadiah total 1 miliar rupiah. Lomba ini digelar untuk menyemarakkan peringatan kemerdekaan Indonesia dengan mengutamakan protokol kesehatan.

Selain upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang dilaksanakan secara sangat sederhana, lomba-lomba merayakan HUT ke-75 RI tetap digelar. Namun, semua dilakukan dengan seminim mungkin adanya interaksi fisik.

“Panitia nasional peringatan HUT ke-75 RI menggelar banyak lomba namun tetap mengutamakan untuk menjaga protokol kesehatan,” jelas Sekjen Kementerian Komunikasi dan Informatika Rosarita Niken Widiastuti di Jakarta, Rabu (12/8/2020).

Ia menuturkan, lomba yang diadakan mengangkat tema ‘Cinta Indonesia’. Lomba-lomba ini dilakukan dengan mempercantik lingkungan dan tetap menjaga protokol kesehatan, serta menunjukkan rasa cinta Indonesia.

Salah satunya, panitia membuat lomba yang bisa diikuti masyarakat dengan mengirim rekaman video dengan memiliki unsur ‘Cinta Indonesia’ terdiri atas Bendera Merah Putih, Berdiri Tegap Sikap Sempurna saat Lagu Indonesia Raya Dikumandangkan Serentak Pukul 10.17 WIB.

“Panduan lomba bisa dilihat di website hutri75.kemenparekraf.go.id,” ujar Niken.

Pendaftaran untuk lomba membuat video yang berhadiah total Rp1 miliar tersebut sudah dimulai tanggal 1 Agustus lalu hingga 20 Agustus mendatang. Para peserta diminta untuk mengunggah video yang dibuatnya ke tiga media sosial yang dimiliki peserta. Tiga media yang dimaksud adalah YouTube, Facebook, maupun Instagram, dengan menuliskan tagar #BangkitUntukIndonesiaMaju. Tautan dari unggahan di media sosial tersebut dikirimkan ke laman pendaftaran. Dari hasil penjurian tersebut nantinya akan dipilih 6 pemenang dari 25 finalis.

“Ada nilai-nilai keberasamaan dalam keterbatasan, gotong royong dan nasionalisme dalam berbagai perlombaan online yang digelar tahun ini. Rasa cinta tanah air tak harus ditunjukkan dalam lomba-lomba dalam keramaian interaksi fisik seperti tahun-tahun lalu,” pungkas Niken. (OSY)

Loading...

Baca Juga