oleh

Parodi Lagu Indonesia Raya Bernada Menghina Viral di Medsos

SUARAMERDEKA.ID – Sebuah aku youtube yang bernama MY Asean yang diduga berasal dari Malaysia mengunggah parodi lagu Indonesia Raya. Kemunculan parodi lagu yang dianggap menghina ini disikapi pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri dengan mengeluarkan pernyataan sikap kepada pemerintah.

Video parodi lagu Indonesia Raya tersebut diunggah pertama kali oleh MY Asean pada 2 minggu lalu. Aransemen lagu Indoensia Raya pada parodi ini ditambahi dengan suara seperti ayam berkokok. Lirik lagu pun bernada penghinaan mulai dari Indonesia bangsa sial dan mundur dan terdapat lirik yang terkesan melecehkan presiden Jokowi dan Soekarno.

Viral lagu ini ditindaklanjuti pemerintah Indonesia melalui Kementerian Indonesia. Pada pernyataan tersebut, pemerintah Indonesia secara resmi meminta agar pemerintah Malaysia mengambil tindakan atas unggahan tersebut.

“KBRI dan Kemlu sudah melakukan komunikasi dengan pemerintah dan otoritas terkait di Malaysia atas kejadian ini,” kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri, Teuku Faizasyah, seperti yang dilansir Kompas TV, Minggu (27/12/2020).

Tak berselang lama, Kedutaan Besar Malaysia di Indonesia pun mengeluarkan pernyataan melalui akun facebook terkait video parodi lagu Kebangsaan Indonesia. Kedutaan Besar Malaysia menekankan, video yang diduga di upload dari Malaysia ini isinya melecehkan dan menghina lndonesia.

“Kedutaan Besar Malaysia di Jakarta ingln menegaskan bahawa pihak berkuasa Malaysia sedang melakukan siasatan di atas perkara tersebut. Sekiranya didapati video tersebut dimuat naik oleh warganegara Malaysia, tlndakan tegas akan dlkenakan berlandaskan peruntukan undang- undang sedia ada,” Minggu, (27/12/2020).

Parodi Lagu Indonesia Raya Bernada Menghina Viral di Medsos
Pernyataan Kedutaan Kerajaan Malaysia di Jakarta

Pemerintah Malaysia menyatakan mengutuk keras unggahan tersebut. Ditegaskan, unggahan tersebut berdampak buruk terhadap hubungan bilateral kedua negara.

“Kerajaan Malaysla mengutuk keras sebarang perlakuan buruk dan provokasi negatif yang berniat untuk menjejaskan hubungan dua halo yang akrab di antara Malaysia dan Indonesia”.

Unggahan parodi lagu Indonesia Raya tersebut di akun MY Asean kini sudah dihapus. Namun unggahan tersebut di reupload akun Kabar KiniKini. Dalam komentarnya, admin menekankan, reupload dilakukan semata sebagai bukti. Ia pun meminta agar pemerintah mengambil sikap tegas.

“Video ini hanya sebagai bukti karena video aslinya sdh dihapus. Video yg ini akan sy hapus ketika pemerintah sudah turun tangan dan mengusut tuntas masalah ini,” kata admin Kabar KiniKini, Minggu (27/12/2020). (OSY)

Loading...

Baca Juga