oleh

PD Pemuda Muhammadiyah Brebes Aksi Solidaritas Bela Muslim Uighur

SUARA MERDEKA.ID – Pimpinan Daerah (PD) Pemuda Muhammadiyah Brebes dan Badan Pelaksana Operasional Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (BPO KOKAM) Brebes menggelar Tabligh Akbar di Alun-alun Kabupaten Brebes. Acara ini adalah bentuk solidaritas dan kemanusiaan sesama muslim kepada umat muslim Uighur. Sabtu (28/12/2019 ),

Kegiatan ini bekerjasama dengan Forum Masyarakat Islam (Formasi) Brebes dan berbagai elemen organisasi masyarakat (ormas) Kabupaten Brebes. Diantaranya Forum Komunikasi Aktifis Masjid (FKAM), Sepakat Brebes Bermartabat, Sapma Pemuda Pancasila Brebes, komunitas Brigez, Pelajar Islam Indonesia (PII) Brebes, Dewan Dakwah Islam Indonesia (DDII), Persatuan Islam (Persis), Majelis Mujahidin Indonesia (MMI).

Selain Pemuda Muhammadiyah, hadir pula sejumlah organisasi sayap Muhammadiyah. KOKAM, Nasiyatul Aisiyah,Tapak Suci Putera Muhammadiyah, Hizbul Wathan Muhammadiyah, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Brebes, Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) Brebes.

“Sebagai umat Islam tidak boleh diam dan hanya duduk melihat saudara sesama umat Islam ditindas. Amanah konstitusi Negara Republik Indonesia telah jelas bahwa kemerdekaan ialah hak segala bangsa ” kata Ketua PD Pemuda Muhammadiyah Brebes Abdul Mu’min, Sabtu (28/12/2019).

Sementara Bidang Dakwah PDPM Brebes Ustadz M. Toip Subandi, menyampaikan pesan dari Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah menyikapi permasalahan Uighur. Pertama, istiqomah dan tegas menyuarakan aspirasi ini kepada Pemerintah China. Muhammadiyah menuntut agar terbuka kepada dunia terkait permasalah Uighur.

“Kedua, kepada Pemerintah Indonesia agar lebih peduli terhadap kebebasan Hak Asasi Manusia Saudara-saudara kita di Uighur. Dan ketiga, kepada seluruh saudara muslim untuk menyikapi semua informasi yang masuk tentang Uighur dengan cerdas. Tanpa tendensi maupun kepentingan dengan sikap yang objektif,” tandasnya

Di akhir kegiatan di lakukan pembacaan Pernyataan Sikap Pimpinan Pusat Muhammadiyah oleh Ketua PDPM Brebes dan Forum Masyarakat Islam (Formasi) Brebes oleh Sekretaris Formasi Azmi Majid. Selain itu juga di laksanakan Donasi untuk muslim Uighur dengan jumlah yang terkumpul sebesar Rp 41.404.500 untuk selanjutnya akan disalurkan melalui LazisMu Kabupaten Brebes. (RMT)

Loading...

Baca Juga