oleh

Personil Kodim 1208 Sambas Rehab Bangunan SDN 06 B Desa Sebangun

SUARAMERDEKA.ID – Komando Resor Militer (Korem) 121 /ABW Kabupaten Sintang Kalimantan Barat melalui Kodim 1208 Sambas melakukan rehabilitas bangunan Sekolah Dasar Negeri (SDN) 06 B yang ada di Desa Sebangun. Rehabilitasi ini adalah bagian dari program Pengabdian Tanpa Batas (Petasan) oleh Tentara Nasional Indonesi (TNI) di Perbatasan Indonesia Malaysia di Entikong, dengan tujuan turut mencerdaskan anak bangsa di wilayah perbatasan NKRI.

Pada program ini, Kodim 1208 Sambas ditunjuk selaku pelaksana di lapangan sebagai perpanjangan tangan dari Korem 121/ ABW.  Personil Kodim tersebut melaksanakan renovasi secara menyeluruh bangunan SDN 06 B di Desa Sebangun Kecamatan Sebawi Kabupaten Sambas Kalimantan Barat. Kondisi bangunan sekolah tersebut dianggap sudah sangat memprihatinkan. Pasalnya, bangunan tersebut mengalami rusak berat akibat usia bangunan sehingga dianggap tidak layak dan membahayakan para siswa siswi saat proses belajar.

“Alasan terpilihnya SDN 06 B Desa Sebangun Kecamatan Sebawi, bahwa di wilayah tersebut belum ada akses sarana jalan darat. Sehingga harus melalui jalur sungai, menggunakan perahu. Sebagai satu-satunya alat transportasi untuk pergi belajar di tempat lain,” kata Dandim 1208/Sambas Letkol Inf Setyo Budiyono ,SH .M.Tr (Han), Kamis (21/1/2021).

Lanjut Dandim 1208/Sambas, perehaban SDN 06 B Desa Sebangun terdiri tiga ruang kelas dan satu ruangan guru. Pihaknya mengganti atap, plafon dan mengganti lantai papan yang sudah tidak layak /rapuh dengan keramik.

“Agar para siswa siswi merasa aman dan nyaman dalam belajar,” ujar Dandim 1208/Sambas.

Salah seorang tokoh masyarakat Kabupaten Sambas, Ramidi (47) berterima kasih atas program yang dilakukan TNI. Program yang dilaksanakan dari Korem 121/ABW melalui Kodim 1208 Sambas ,ini adalah bentuk nyata kepedulian TNI terhadap dunia kependidikan di Kabupaten Sambas.

“Kususnya di wilayah perbatasan yang memang sangat dibutuhkan bantuan, Semoga program tersebut akan berlanjut di wilayah perbatasan selain Desa Sebangun,” kata Ramidi. (ARH)

Loading...

Baca Juga